5 Fakta Mengenai Masakan Khas Padang

5 Fakta Mengenai Masakan Khas Padang

5 Fakta Mengenai Masakan Khas Padang

Kuliner – Padang merupakan ibu kota dari Provinsi Riau. Disana banyak yang bisa ditemui, dari adat istiadat hingga kuliner khasnya. Masakan Padang menjadi favoritnya warga Indonesia, bahkan makanan tersebut bisa ditemui dimana saja. Rasanya yang nikmat pun tak terlepas dari bumbu-bumbu yang digunakan. Makanan Padang yang paling terkenal lezat merupakan rendang, bahkan kelezatannya di akui dunia.

Ternyata masakan Padang juga memiliki kisah yang menarik loh gaes. Hal itu diungkapkan oleh Executive Chef Padang Merdeka, Chef Iwan. Ia memberitahukan bahwa adaa beberapa tradisi unik yang dilakukan disetiap rumah makan Padang. Lalu apa saja si fakta itu? Nah silahkan baca ulasan dibawah ini ya.

1. Porsi nasi dibawa pulang lebih banyak daripada makan di tempat

Statement ini dibenarkan oleh Chef Iwan. Menurutnya ini adalah tradisi masakan Padang sejak turun temurun. Mengapa? Karena jika nasi Padang di bungkus, maka bisa dikonsumsi ramai-ramai saat dimakan di rumah/sharing. Tapi jika makan di tempat, maka porsi hanya disesuaikan untuk satu orang.

2. Rendang makanan yang awet dan tahan lama

Sebagaimana diketahui makanan juara masakan Padang adalah rendang daging sapinya. Nah makanan yang kaya rempah dan santan ini ternyata awet dan tahan lama. Menurut Chef Iwan, rendang dimasak selama delapan jam dengan standar api tertentu. Setelah itu rendang bisa bertahan di suhu luar ruangan hingga 10 hari. Jika disimpan dengan baik di frezzer, rendang malah bisa bertahan selama 30 hari.

3. Sayur yang disajikan terdiri dari daun singkong, pepaya dan sayur nangka

Sebenarnya ini lebih ke tradisi turun temurun orang Padang. Sayuran ini dinilai sangat nikmat jika disantap dengan berbagai macam bumbu pilihan. Chef Iwan menjelaskan satu masakan bisa menggunakan 50 macam bumbu dan semuanya adalah bumbu kebun.

4. Masakan padang selalu disediakan di atas etalase dengan kondisi dingin

Chef Iwan menjelaskan bahwa sebenarnya ada alasan khusus di balik cara ini. Menurutnya, kecepatan menjadi salah satu kunci utama masakan padang. Dengan menyediakan makanan di etalase, maka para pelanggan tak perlu berlama-lama menunggu hidangan untuk disajikan.

5. Tidak ada logo masakan Padang di rumah makan Sumatera Barat

“Sebenarnya di Sumatera Barat tidak ada logo masakan Padang. Karena masakan Padang di daerahnya sendiri biasa saja. Justru terkenalnya di luar Padang. Paling di Padangnya sendiri yang tertulis nama daerahnya saja,” tutur Chef Iwan.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)