5-Makanan-Yang-Bisa-Cegah-Stroke-Ringan

5 Makanan Yang Bisa Cegah Stroke Ringan

5 Makanan Yang Bisa Cegah Stroke Ringan

Kesehatan – Mungkin sebagian besar dari kita tak mengetahui apa saja si manfaat dari makanan-makanan yang kita konsumsi selama ini? Tentu pada umumnya hanya berfikiran untuk menambah daya tahan tubuh. Namun nyatanya terdapat beberapa macam buah dan sayuran yang memiliki manfaat untuk mencegaj ataupun mengobati penyakit tertentu. Contohnya seperti mengobati stroke.

Beberapa macam makanan yang bisa mengobati stroke itupun sebenarnya tak sulit untuk ditemukan. Bahkan dapat dengan mudah ditemui ketika berada di pasar ataupun supermarket disekitar tempat tinggal kita. Lantas apa sajakah makanan pencegah stroke ringan itu? Berikut beberapa diantaranya:

Bawang putih

Siapa sangka ternyata bawang putih yang sepertinya sepele ternyata dapat mencegah terjadinya stroke. Khasiat bawang putih sudah terbukti ampuh sejak jaman dahulu untuk mengatasi berbagai penyakit. Konsumsi bawang putih tunggal dapat menghindari macam-macam penyakit saraf. Oleh sebab itu bawang putih dipercaya dapat mencegah serangan stroke maupun penyakit lain yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah, seperti serangan jantung atau darah tinggi.

Jus Buah

Mayoritas buah biasanya kaya akan vitamin A, B dan C sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin B juga bermanfaat untuk memaksimalkan daya kerja saraf. Selain itu dapat membantu kelancaran peredaran darah, sehingga merupakan salah satu cara menyembuhkan stroke yang berkhasiat. Beberapa jenis buah yang bermanfaat antara lain yaitu jeruk, apel, strawberry maupun anggur.

Kandungan vitaminnya juga dapat menjaga kesehatan anggota tubuh manusia seperti kesehatan mata, kesehatan saraf dan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu sangat baik untuk mengkonsumsi jus buah setiap pagi untuk sarapan.

Kedelai

Semua makanan yang berbahan baku dari kedelai seperti tahu dan tempe baik untuk mencegah terjadinya stroke. Bahkan susu kedelai juga banyak manfaatnya untuk peredaran darah yang lebih terkontrol. Perhatikan untuk tidak menggoreng bahan makanan yang terbuat dari kedelai. Karena kandungan minyak bisa jadi berbahaya bagi kesehatan pembuluh darah dan malah beresiko menjadi penyebab penyakit stroke. Sebaiknya rebus atau kukus tahu dan tempe untuk dikonsumsi bersama makanan yang lain.

Sayuran

Sayur kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu sayur juga kaya akan serat. Manfaat serat bagi tubuh dapat meningkatkan metabolisme. Sehingga pencernaan dapat berjalan dengan lancar dan tubuh cenderung menyerap sedikit lemak. Akibat dari lemak yang telah dikonversikan menjadi energi untuk kegiatan sehari-hari. Jika tubuh mengandung sedikit lemak maka pembuluh darah juga akan bersih dari lemak. Sehingga dapat mencegah penyakit pembuluh darah termasuk stroke dan resiko penyakit jantung.

Ikan-ikanan

Salah satu makanan pencegah stroke ringan yang cukup berkhasiat yaitu golongan ikan-ikanan. Entah ikan laut maupun ikan tawar sangat baik sebagai sumber protein tinggi. Selain itu ikan-ikanan mengandung omega 3 yang tinggi. Fungsi ini berkaitan dengan kesehatan otak dan dapat mencegah pendarahan otak akibat darah tinggi. Sehingga jika kita rajin makan ikan-ikanan maka akan menurunkan resiko kita untuk terserang penyakit stroke. Selain itu menambah kecerdasan dan daya ingat otak kita secara maksimal.

Oatmeal

Tentu sudah bukan rahasia bahwa oatmeal sangat ampuh untuk kesehatan darah dan jantung. Nutrisinya berguna untuk menyerap kolesterol dalam darah. Sehingga oatmeal dapat berguna untuk pengobatan stroke ringan. Oatmeal dapat digunakan sebagai pengganti nasi maupun untuk sarapan di pagi hari. Saat ini ada banyak resep yang lezat dalam menyajikan oatmeal untuk makanan sehari-hari.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)