5 Makanan Yang Sering Ditemui Di Acara Pernikahan

5 Makanan Yang Sering Ditemui Di Acara Pernikahan

Kuliner – Setiap diacara pernikahan, tentu juga disajikan berbagai jenis makanan. Tentu makanan-makanan tersebut disajikan kepada para tamu undangan yang datang. Tak sedikit pula berbagai jenis makanan yang disediakan oleh pasangan pengantin. Bagi anda yang sering pergi menuju pesta pernikahan, pastinya tau kan apa saja itu jenis makanan khas atau tradisional yang selalu disajikan? Nah contohnya sama seperti kelima 5 makanan khas ini.

1. Sate

 Sate

Banyak daerah di Indonesia yang memiliki sate sebagai makanan khasnya. Sate ini bisa terbuat dari daging sapi, ayam, kambing bahkan kelinci. Ada juga yang terbuat dari kulit dan lidah. Setiap daerah pun memiliki cara pengolahannya masing-masing, dan rata-rata selalu dibakar dan dilumuri dengan bumbu kacang. Di setiap pernikahan pun pasti anda akan menemukan menu sate ini, dan sate juga menjadi makanan favorit kebanyakan orang sehingga tak salah jika sate selalu hadir di setiap momen.

2. Rengginang

Rengginang

Anda yang tinggal di Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini, ya rengginang. Rengginang ini terbuat dari nasi atau ketan yang dikeringkan dan dimasak dengan minyak goreng. Ada rengginang merah yang biasa kita lihat dan ada juga rengginang hitam yang terbuat dari ketan hitam. Rengginang ini selalu hadir di acara pernikahan tanpa anda sadari. Biasanya rengginang disajikan sang punya hajat ketika menerima tamu mereka di rumah sehari sebel acara pernikahan.

3. Roti Buaya

Roti Buaya

Orang-orang pasti tidak asing lagi dengan roti buaya, khususnya mereka yang berasal dari Betawi. Banyak pernikahan adst Betawi yang selalu menghadirkan roti buaya ini. Roti buaya selalu disajikan karena memiliki makna kesetiaan pada pasangan. Rasanya hampir sama dengan roti-roti pada umumnya, yakni manis dan gurih.

4. Sayur Besan

Sayur Besan

Satu lagi makanan khas dari Betawi yang selalu disajikan ketika ada pernikahan. Sayur besan selalu ada dan dihidangkan untuk para tamu ketika pernikahan. Sayur besan ini dibuat dengan bahan dasar terubuk sejenis bunga tebu yang terbungkus kulit dan berbentuk lonjong serta berwarna putih seperti telur ikan. Sama seperti roti buaya, sayur besan memiliki makna tersendiri, yaitu melambangkan ikatan kekeluargaan dari kedua belah pihak yang menyatu ketika pernikahan telah dilangsungkan, maka tak salah jika diberi nama sayur besan.

5. Jenang

Jenang

Makanan khas Jawa yang selalu hadir dalam pernikahan adat Jawa salah satunya adalah jenang. Makanan khas Jawa ini tidak pernah absen karena memiliki makna khusus bagi orang Jawa, yakni ucapan syukur dari sang punya hajat kepada Sang Pencipta. Jenang ini juga memiliki bentuk kotak kecil dengan tekstur yang lengket dan rasa manis.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)