5 Tempat Sarapan Legendaris Di Jogja Yang Perlu Dikunjungi

5 Tempat Sarapan Legendaris Di Jogja Yang Perlu Dikunjungi

5 Tempat Sarapan Legendaris Di Jogja Yang Perlu Dikunjungi

Kuliner – Berlibur ke Jogja mau cari sarapan pagi? Nah pas banget tun anda kunjungi tempat-tempat ini, pastinya harga murah perut pun kenyang. Lalu apa saja sih makannya itu?

Nasi gudeg, soto hingga brokos merupakan sarapan yang paling disukai oleh masyarakat yang ada disana. Makanan-makanan tersebut pun telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, meskipun bukan kuliner modern, pastinya soal rasa tak perlu untuk diragukan lagi.

Berikut dibawah ini 5 tempat sarapan lezat di Jogja yang bisa anda datangi untuk mengisi perut.

Gudeg Mbah Lindu

Pencinta gudeng bisa mampir ke warung milik Mbah Lindu. Sudah meracik gudeg selama 74 tahun, tentunta cita rasa gudeg ini sangat autentik. Gudeg mbah Lindu berlokasi di pos ronda depan gang di kampung Sosrowijayan sampil hotel Grage. Dibantu oleh anaknya Ny. Ratiah, gudeg racikan Mbah Lindu di jual sejak pukul 5 pagi hingga 10pagi.

Sajian gudeg ini memiliki pilihan berupa nasi dan bubur. Yang keduanya disajikan dengan beragam lauk seperti kerecek, gudeg, tahu dan tempe bacem serta opor ayam dan pindang telur ayam. Salah satu yang wajib dicicip adalah ayam kampung yang diracik dengan bumbu ‘mlekoh’.

Nasi komplet dengan isian krecek, tahu, tempe dan telur bulat dibandrol dengan harga Rp 20.000. Sedangkan jika menggunakan ayam kampung, seporsi nasi gudeg dibandrol dengan harga Rp 30.000.

Soto Bathok Mbah Katro

Lokasinya ada di Jalan Candi Sambisari No. 6, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Soto bathok ini sudah buka sejak pukul 6 pagi. Soto daging sapi yang disajikan dalam bathok atau tempurung kelapa ini disajikan dengan nasi, tauge, potongan daging sapi dan ditaburi dengan cincangan seledri serta bawang goreng.

Makin enak disajikan dengan kucuran jeruk nipis dan sambal. Bisa juga ditambah dengan sate telur puyuh, sate ati, usus dan tempe goreng garit. Bahkan, beberapa waktu lalu, Sandiaga Uno juga menyempatkan diti untuk mencicip sarapan di sini.

Warung Kopi Klothok Pakem

Sarapan di pinggir sawah memang menyenangkan. Kalau sedang ada di Jogja, sebaiknya mampir ke warung ini untuk menikmati sarapan enak. Kalau tak ingin sarapan berat, bisa menikmati kopi klotok dengan sajian pisang goreng yang hangat. Berkonsep layaknya rumah, pengunjung memang disuguhkan dengan makanan prasmanan dan dapat melihat proses pembuatan pisang goreng hingga telur goreng.

Salah satu yang wajib dicoba adalah sego megono dengan lauk telur goreng plus oseng-oseng welut. Warung Kopi Klotok ini berlokasi di Jalan Kaliurang KM. 16, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Warung Brongkos Handayani

Termasuk warung legendaris, Brongkos Handayani ini sudah ada sejak tahun 1975. Brongkos merupakan sajian yang mirip dengan rawon tetapi ditambahkan dengan santan. Kuahnya yang kental dan rasanya yang gurih ditandai dengan penggunaan koyor atau tetelan sapi.

Selain brongkos koyor, ada juga brongkos tahu dna telur. Keduanya enak disantap dengan nasi dan juga pelengkap lain berupa telur asin, keripik tempe, tempe koro, bacem hingga perkedel. Kalau mau mencoba, langsung saja datang ke Warung Brongkos Bu Handayani yang berada di kawasan Alun-alun Kidul Jogja.

Buka sejak pukul 06.30 pagi, langsung saja datang ke Jalan Gading No. 2, Selatan Alun-alunKidul Keraton. Seporsi brongkos dibandrol dengan harga Rp 22.000.

Lotek teteg

Ini dia gado-gado ala Jogja. Sudah bisa dipesan sejak pagi, lotek yang berlokasi di dekat teteh (pagar) rel kereta api stasiun Lempuyangan. Diracik dengan menggunakan cobek jumbo. Rebusan bayam, kacang panjang dengan siraman bumbu kacang tersjai enak. Bisa dinikmati dengan nasi atau lontong plus kerupuk renyah. Harga seporsi loteg teteg dibandrol dengan harga Rp 16.000.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)