6-Makanan-Ini-Bisa-Jadi-Penyebab-Stroke-Lo,-Sebaiknya-Di-Hindari

6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Stroke Lo, Sebaiknya Di Hindari

6 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Stroke Lo, Sebaiknya Di Hindari

Kesehatan – Mungkin kita semua sudah tau apa itu yang dinamakan sakit stroke. Stroke merupakan jenis penyakit yang timbul akibat pecahnya pembulu darah di otak dan biasanya membuat para penderitanya mengalami kelumpuhan. Namun perlu di ingat, salah satu penyebab umun terkena stroke dikarenakan gaya hidup yang buruk. Contohnya seperti mengonsumsi makanan dengan kandangan lemak yang tinggi. Mau tau apa saja makanan tersebut? Berikut dibawah ini 6 diantaranya.

1. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan lemak sangat tinggi. Anda sebaiknya membatasi makanan ini karena lemak trans yang ada dalam gorengan bisa membahayakan dan mampu menyumbat saluran pembuluh darah, peningkatan konsenstrasi lemak dan juga peningkatan kolesterol jahat yang tersimpan dalam darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi lemak trans setiap hari mempunyai resiko terserang stroke sampai 30% lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang hanya mengkonsumsi 1 gram lemak per hari.

2. Daging Merah

Daging merah juga masuk dalam jenis makanan yang akan menyebabkan terjadinya stroke. Menurut penelitian jika perempuan mengonsumsi daging merah dengan porsi besar setiap hari, maka kemungkinan terkena stroke bisa mencapai 42%. Penelitian ini berdasarkan hasil dari pengamatan selama 10 tahun pada 35.000 orang yang berjenis kelamin perempuan. Lemak jenuh yang ada di dalam daging merah akan meningkatkan resiko stroke dan juga penyakit jantung dengan cara menyumbat pembuluh darah pada arteri lewat penumpukan plak protein dan dalam jangka waktu bertahap. Sebaiknya anda mengganti daging merah dengan konsumsi ikan.

3. Makanan cepat saji (junkfood)

Siapa yang tidak menyukai junkfood? Makanan ini selalu menjadi menu pilihan saat anda mengunjungi restoran cepat saji. Banyak sekali orang-orang yang menyukai junkfood. Namun junkfood juga dinilai sangat buruk untuk kesehatan karena merupakan salah satu makanan sampah dan juga sangat minim kandungan gizi nya. Sehingga jika anda mengkonsumsi junkfood, tubuh tidak bisa menerima manfaat apapun, malah sebaliknya tubuh akan mendapatkan racun membahayakan untuk tubuh yang terkandung di dalam junkfood. Selain itu kandungan lemak trans dalam junkfood juga cukup tinggi sehingga akan memicu seseorang terkenan serangan stroke.

4. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Alkohol juga merupakan salah satu makanan yang bisa memicu stroke. Banyak sekali makanan yang di fermentasi kan dan akhirnya memiliki kandungan alkohol cukup tinggi, misalnya saja tape. Memang resiko nya tidak besar, namun jika konsumsi nya tidak dibatasi tentu saja akan semakin meningkatkan resiko terkena stroke. Sehingga ada baiknya anda benar-benar membatasi asupan alkohol pada tubuh.

5. Makanan yang memiliki kandungan nitrat dan nitrit

Sebelum mengkonsumsi makanan ada baiknya anda juga memeriksa kandungan pada label makanan tersebut. Salah satu kandungan yang bisa mengakibatkan terjadinya stroke adalah pengawet makanan nitrat dan nitrit. Anda sebaiknya benar-benar memperhatikan pada label makanannya, jika memang tertulis kandungan nitrat-nitrit ada baiknya anda menghindari makanan tersebut atau membatasi asupan nya. Biasanya bahan pengawet ini sering ditemukan pada daging asap yang sudah dikemas dan diawetkan. Pengawet makanan tersebut biasanya akan mengakibatkan pembuluh darah mengalami kerusakan sehingga akan meningkatkan pecahnya pembuluh darah pada otak.

6. Kudapan

Kudapan merupakan makanan yang sangat enak dikonsumsi kapan saja. Baik mengkonsumsi pada malam hari atau siang hari, sambil bersantai anda bisa sangat menikmati kudapan. Namun tahukah anda? Ternyata mengkonsumsi terlalu banyak kudapadan bisa mengakibatkan seseorang terkena resiko stroke. Kudapan dinilai akan membuat buruk kondisi kesehatan, seperti donat, muffin, kerupuk dan banyak lagi yang memang akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)