7 Negara Muslim Ini Hidangkan Makanan Saat Perayaan Maulid Nabi

7 Negara Muslim Ini Hidangkan Makanan Saat Perayaan Maulid Nabi

7 Negara Muslim Ini Hidangkan Makanan Saat Perayaan Maulid Nabi

Kuliner – Bagi orang-orang yang beragama islam atau muslim, biasanya makanan manis merupakan salah satu hidangan utama sebagai pencuci mulut. Terlebih lagi saat mengikuti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai negara pastinya berbeda-beda. Tentu mereka memiliki ciri khas masing-masing untuk menghidangkan makanan saat hari lahir Nabi Muhammad. Mau tau apa saja itu hidangan yang disajikan saat perayaan Maulid Nabi dari berbagai negara? Berikut ini 7 diantaranya.

1. Maroko 

Maroko

Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Maroko diwarnai dengan ragam kue manis. Mulai dari kue kiwi, brioche, kue mangkuk cokelat hingga kue Maroko. Selain itu warganya melahap bubur gandum, mentega, madu, dan adas manis. Untuk hidangan utama, menu sksu (couscous) bertopping daging domba wajib ada. Selang satu jam setengah setelah makan siang, mereka memakan helwa (permen) ataupun kue Prancis dan kue Maroko bersama secangkir teh.

2. Mesir

Mesir

Tak jauh berbeda dengan Maroko, warga Mesir juga menyajikan banyak hidangan manis. Salah satunya permen. Uniknya, terdapat permen merah muda berbentuk seperti ksatria yang menunggangi kuda yang kerap dibagikan saat Maulid Nabi di wilayah Sudan. Camilan yang terbuat dari tepung gandum, gula, mentega, dan telur lalu digoreng juga jadi menu yang tak boleh ketinggalan. Menu iru dinamakan mshabbak.

3. India dan Pakistan

India dan Pakistan

Muslim India dan Pakistan melahap nasi serta hidangan bercitarasa pedas hingga manis. Sebagai menu utama, daging unta dianggap paling baik untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad. Namun umumnya orang India dan Pakistan menyajikan hidangan utama berbahan dasar daging kambing. Sebab daging kambing mudah ditemui di kedua wilayah itu.

4. Kenya

Kenya

Ada beberapa hidangan tradisional Kenya yang disajikan untuk memeriahkan Maulid Nabi. Seperti udang pilaf, kari terong, singkong plus saus kelapa, mangga chutney, dan paprika merah panggang.

5. Negara lain di Timur Tengah

Negara lain di Timur Tengah

Selain hidangan penutup berupa mshabbak, banyak warga yang menyajikan baklava. Untuk hidangan utamanya, menu tabbouleh dan ayam panggang yang diisi dengan nasi, rempah-rempah dan daging domba (djaj mihshi ) jadi favorit.

6. Afrika Utara

Afrika Utara

Muslim di Afrila Utara merayakan Maulid Nabi Muhammad dengan menikmati sajian bernama Aseeda (atau Asida ). Aseeda merupakan makanan penutup yang terbuat dari adonan campuran tepung gandum yang dimasak dengan mentega dan madu. Biasanya hidangan ini disajikan selagi hangat.

7. Malaysia

Malaysia

Ada banyak hal yang dilakukan warga Malaysia. Selain membuat pawai atau parade di jalan raya, para warga biasanya melahap jajanan tradisional Malaysia. Sebenarnya tak ada sajian khusus dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad di sana. Terkadang, para warga melahap nasi kotak yang dibagikan gratis seusai pawai.

Please follow and like us:
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)