Apakah Boleh Menyusui Saat Sedang Haid?

Apakah Boleh Menyusui Saat Sedang Haid?

Apakah Boleh Menyusui Saat Sedang Haid?

All About Female – Ketika wanita sedang dalam keadaan hamil, sudah pasti mereka tidak akan mengalami haid. Sekalipun telah selesai hamil, perlu beberapa minggu bahkan berbulan-bulan lamanya agar kembali menjalani haid. Namun banyak para wanita yang masih gadis bertanya-tanya, jika sedang haid bolekah menyusui? Atau boleh tidak ya ibu menyusi saat sedang haid?

Seperti dilansir dari verywellfamily.com, apabila wanita sedang dalam keadaan haid, tentu masih aman untuk sang bayi jika mengomsumsi susu ibu atau ASI (Air Susu Ibu). Bahkan ASI sang ibu tetaplah bernutrisi dan pastinya sehat. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi setiap ibu.

Ketika sedang haid dalam masa menyusui, puting payudara mungkin akan terasa keras, produksi ASI mungkin akan menurun, dan rasa ASI bisa agak berubah. Penelitian menyebutkan bahwa komposisi ASI berubah di masa ovulasi. kadar sodium dan klorida dalam ASI akan meningkat sementara kandungan laktosa dan kalium menurun. Sehingga, ASI bisa terasa kurang manis.

Saat sedang haid, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh akan meningkat, akibatnya payudara bisa terasa lebih kencang dan nyeri. Tingginya kadar estrogen ini pun bisa memengaruhi produksi ASI. Kadar kalsium dalam darah bisa menurun setelah ovulasi. Penurunan kadar kalsium inilah yang kemudian bisa menyebabkan penurunan produksi ASI.

Diusahakan untuk tetap bisa menyusui bayi meski kita sedang haid. Tapi kalau payudara terasa amat sangat nyeri ketika memberi ASI, kita bisa beralih memompa ASI untuk sementara waktu.

Untuk menjaga produksi ASI tetap mencukupi, perlu lebih banyak mengonsumai makanan yang kaya zat besi, banyak minum air putih, dan mengonsumsi suplemen tambahan bila perlu. Penting untuk diingat agar tidak sembarang mengonsumsi obat selama masa menyusui. Selalu konsultasikan dulu ke dokter bila membutuhkan suplemen atau obat tambahan.

Sudah tau kan calon mami informasi mengenai seputar pemberian air susu kepada si buah hati. Namun yang terpenting, kondisi kesehatan sang bunda juga harus tetap terjaga, dengan begitu pastinya keadaan si buah hati juga tetap sehat. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bisa membantu anda ya.

Please follow and like us:
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)