pura-ulun-danu-bratan

Danau Indah Dengan Pura Yang Ada di Pecahan 50.000 Rupiah di Bali

Danau Indah Dengan Pura Yang Ada di Pecahan 50.000 Rupiah di Bali

Trending Travelling – Salah satu keindahan alam di Bali dapat anda lihat di objek wisata yang terletaj di dataran tinggi pegunungan Bedugul, Bali, di Danau Beratan. Nama wisata yang datu ini adalah Pura Ulun Danu. Letaknya yang beradada di dataran tinggi membuat wisata ini memiliki udara yang sejuk yakni sekitar 15000 mater diatas permukaan laut. Danau yang satu ini juga siap membuat para wisatawan terpesona dengan keindahan yang dimilikinya.

Pura Ulun Danu sendiri awalnya dibangun untuk memberikan penghormatan kepada Dewi Danu. Danu dalam bahasa Bai sendiri mememiliki arti DANAU, sedangkan Dewi Danu sendiri merupakan Dewi air, danau, dan sungai.Prua yang undah ini terdiri dari 4 bangunan suci yakni Pura Lingga yang berdiri tiga tingkat tinggi yang merupakan tempat untuk ibadah untuk Dewa Siwa. Pura Puncak Mangu yang berditi dengan 11 tingkatan tinggi dan dibangun untuk dedikasi kepada Dewa Wisnu. Pura Teratai Bang yang merupakan pura utama dan yang terkahir Pura Dalem Purwa yang digunakan untuk berobadah kepada sang Hyang Widhi.

Gaya bangunan dari Pura yang satu ni mengikuti konsep kepercayaan Trimurti. Tiga warn suci untuk mewakili 3 Dewa yakni Shiva, Brahma, dan Wisnu]. Warna pertama adalah merah untuk Dewa Brahmana Sang Pencipta. Warna yang kedua adalah hitam untuk simbol dari Dewa Wisnu yang memberikan keseimbangan dan memelihara alam semesta. Yang terkahir sebagai simbol dari Dewa Shiva sang Penghancur atau Perusak yakni panca warna.

Diyakini masyarakat sekitar bahwa daerah di sekitar Pura ini telah digunakan untuk tempat beribadah dan pusat kegiatan ritual keagamaan sejak zaman megalitikhum. Di sebelah kiri pura terdapat sebuah sarkofagus serta batu tulis ysng berasal dari sejitar 500 SM. Pura ini sendiri tercatat sudah ada sejak tahun 1556. Pada tahun 1633 telah dibangun kembali oleh Raja Mengwi , I Gusti Agung Putu dengan gaya arsitektur yang dipadukan dengan Hindu dan Budha. Walau sudah ada sejak lama, pura ini tetap bersih dan masih dalam kondisi yang sangat baik karena betul – betul dijaga oelh masyarakat sekitar.

Pra Ulun Danu ini pun menjadi salah satu ikon dari Pulau Bali karena Pura yang indah ini telah menjadi gambar di pecahan uang 50.000 rupiah. Danau Beratan yang merupakan temoat dimana Pura Ulun Danu ini berada pun juga merupakan danau terbesar kedua yang ada di Bali. Danau ini juga merupakan sumber irigasi untuk sawah dan perkebunan di seluruh Desa Bedugul. Adapun gunung yang terletak di daerah sana yang sering disebut gunung suci karena cuaca yang sejuk dan sejuk serta subur.

Awalnya, Danau Beratan merupakan danau terbesar di Bali hingga akhirnya terjadi gempa bumi dan membagi Danau ini menjadi 3 bagian yaitu Danau Beratan, Buayan, dan Tamblingan. Sedangkan nama Beratan sendiri berasal dari kata Brata yang artinya seseorang melakukan sesuatu untuk mengisi 9 kebutuhan primer dalam kehidupan. Kata ini digunakan dalam istilah Tapa Brata, yang berarti bermeditasi dengan alam.

Baca juga :

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)