danau tolire

Danau Indah di Maluku Dengan Legenda Yang Menarik

Danau Indah di Maluku Dengan Legenda Yang Menarik

Trending Travelling – Bebagai hal yang menakjubkan dapat disaksikan di Indonesia terutama untuk peson alam yang indah di berbagai pulau yang ada di Indonesia. Untuk menyaksikan salah satu keindahan yang ada di Indonesia anda dapat berkunjung ke Danau vulakanik yang sanagt biru bernama Danau Tolire yang terletak di sebuah kawah di kaki Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Danau yang satu ini terletak di antara 2 danau yang kurang lebih berjarak 200 meter yakni Danau Tolire Lamo (Tolire Besar) dan Torirelci (Tolire Kecil). Danau yang besar bentunya hampir bulat sempurna seperti layaknya lubang raksasa dan airnya yang penuh mistik dapat berubah warna sesuai degan musim dari warna biru cerah selama musim panas, hingga hijau tua atau coklat sepanjang musim hujan.

Sekitar 50 meter di bawah bibir kawah, Danau Tolire membentang sekitar 5 hektar namun kedalamannya tetap tak dapat diketahui dan beberapa orang juga percaya bahwa lubang tersebut terhubung langsung ke laut Ternate. Danau yang indah ini memiliki air tawar dan merupakan rumah untuk spesies burung serta ikan. Kepercayaan rakyat sekitar mengatakan bahwa terdapat buaya yang tak dapat terlihat namun Danau ini sendoro juga tetap digunakan untuk berburu dan memancing.

Danau Tolire ini memiliki segelintir Legenda dan salah satunya mengatakan bahwa ada seorang pria yang menghamili putrinya sendiri dan hal ini membuat para dewa mengamuk besar dan mengutuk baik sang ayah dan sang anak. Sang ayah dikutuk menjadi Danau Tolire Besar dan sanga anak menjadi Danau Tolire Kecil. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa bagian bawah danau ini ditutupi dengan harta karun milik Kerajaan Ternate yang dulu.

Tentang buaya yang tak terlihat, buaya tersebut digambarkan memiliki panjang belasan meter dan juga dijaga oleh seekor buaya putih yang lebih besar lagi.

Jika anda berkunjung ke sana anda dapat mencoba untuk melepar batu sekeras mungkin kedalam danau, namun usaha anda akan selalu gagal tak peduli seberapa keras anda melemparkannya. Biasanya ada penduduk sekitar yang telah menyediakn baru dengan harag 1000 perak untuk 5 batu. Batu ini dilempar juga untuk mencoba keberuntungan untuk melihat apakah batu dapat mencapai permukaa sebelum dimakan sang penjaga danau yang tak nampak tersbeut atau tidak.

Baca Juga :

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)