Girls,-Dibawah-Ini-Bisa-Jadi-Penyebab-Haid-Dua-Kali-dalam-Satu-Bulan

Girls, Dibawah Ini Bisa Jadi Penyebab Haid Dua Kali dalam Satu Bulan

Girls, Dibawah Ini Bisa Jadi Penyebab Haid Dua Kali dalam Satu Bulan

All About Female – Bagi setiap wanita yang telah puber, jika setiap bulannya mengamali menstruasi, hal ini merupakan sangatlah wajar dialami. Namun pernkah anda mengalami haid 2 kali dalam sebulan? Jika pernah, mungkin anda sedang terkena polimenorea atau polymenorrhea.

Polimenorea sendiri merupakan kelainan siklus menstruasi yang mengakibatkan wanita selama dalam satu bulan akau mengalami menstruasi berlebihan. Lalu apa saja si sebenarnya penyebab terjadinya menstruasi sebulan sebanyak 2 kali? Beriku dibawah ini di antaranya.

Stres

Penyebab haid sebulan 2 kali yang pertama ini biasanya dialami penderita polimenorea serta kelainan menstruasi lainnya. Stres memengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh kita. Untungnya, itu adalah penyebab yang ringan dan dapat diobati. Banyak wanita menemukan bahwa ketika mereka mengatasi penyebab stres dan menjalani latihan penghilang stres, polimenorea bisa ditangani. Ada juga obat yang tersedia untuk mengobati stres jika diperlukan.

Infeksi dan penyakit menular seksual (PMS)

Infeksi, termasuk penyakit klamidia dan gonore, juga bisa menyebabkan polimenorea yang kemungkinan bisa menglaami menstruasi sebulan 2 kali. Wanita penderita penyakit klamidia mungkin juga mengalami nyeri perut yang parah dan keputihan. Gejala lain dari gonore adalah gatal yang ekstrem di area vagina, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan keputihan. Kedua kondisi ini dapat diobati dengan antibiotik. Penting bahwa infeksi didiagnosis dan diobati segera atau dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Endometriosis

Penyebab polimenorea yang ditandai menstruasi sebulan 2 kali ini adalah suatu kondisi di mana sel-sel yang biasanya melapisi rahim ditemukan di daerah lain seperti ovarium atau saluran telur. Gejala endometriosis adalah periode haid yang berat dan menyakitkan, rasa sakit saat berhubungan seksual, bercak di antara periode haid, dan ketidaknormalan siklus menstruasi. Endometriosis dapat diobati dengan obat-obatan dan / atau pembedahan.

Menopause

Menopause adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan waktu di mana siklus menstruasi wanita berhenti secara permanen. Ini umumnya terjadi pada wanita berusia 40-an atau awal 50-an. Pada saat menjelang ini (perimenopause), tubuh wanita mengalami perubahan hormon besar yang dapat menyebabkan depresi, perubahan suasana hati, hot flashes (sensasi kepanasan), dan kelainan pada siklus menstruasi seperti polimenorea yang ditandai haid sebulan 2 kali.

Penyebab lainnya

Selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas, penyebab polimenorea lainnya yang ditandai dengan haid 2 kali sebulan, di antaranya:

> Hiperaktivitas kelenjar pituitari anterior menyebabkan ovulasi sering
> Gangguan psikologis
> Malnutrisi
> Peradangan panggul kronis
> Kanker organ reproduksi wanita
> Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
> Adanya gangguan indung telur
> Obesitas
> Penurunan berat badan berlebihan
> Adanya gangguan makan seperti bulimia dan anorexia nervosa
> Olahraga berlebihan seperti atlet
> Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, antikoagulan, NSAID, dan sebagainya.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)