Hebat, Soto Ayam Diperkenalkan Di Dunia

Hebat, Soto Ayam Diperkenalkan Di Dunia

Hebat, Soto Ayam Diperkenalkan Di Dunia

Kuliner – Selain dikenal wisata alamnya, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki sejuta makanan khas yang nikmat dan membuat mulut tak berhenti untuk mengunyah. Bahkan makanan-makanan itu bisa ditemui disudut setiap kota. Beberapa pekan yang lalu, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia beserta Kementrian Pariwisata juga menyatakan bahwa soto adalah makanan khas Undnesia bersamaan dengan gado-gado, rendang, nasi goreng dan sate.

Belum lama ini, soto dibawa oleh beberapa chef ternama asli Indonesiia untuk memperkenalkan makanan berkuah hijau itu di kancah dunia lewat acara The World Heritage Cuisine Summit and Food Festival, yang digelar di Amritsar India. Hal ini diberitahukan oleh Ketua Asosiasi Chef Indonesia, Chef Stefu Santoso saat ditemu di SIAL InterFOOD The International, JiExpo Kemayoran, Jakarta.

“Jadi waktu itu kami membawa Soto Ayam untuk diperkenalkan di tingkat dunia. Di sana kita bukan hanya memperkenalkan tapi demo pembuatan soto dan presentasi soto yang baik,” kata Stefu, Rabu, 21 November 2018.

Dirinya mengungkapkan, bahwa pemilihan Soto Ayam karena dinilai merupakan salah satu hidangan yang cukup familiar di berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, soto akan lebih mudah dikenal oleh dunia internasional.

“Kita bawa soto ayam kuning. Kalau yang lain terlalu rumit karena karakternya, bumbu dasarnya, kemudian taste-nya. Kalau base soto ayam kan lebih simpel tapi untuk bahan seperti emping sama jeruk limo kita bawa langsung dari Indonesia karena di sana tidak ada,” tuturnya.

Stefu menjelaskan, bahwa respon dari sejumlah chef di dunia internasional terhadap Soto Ayam cukup positif. Menurutnya, banyak yang menyukai rasa dan juga ciri khas dari Soto Ayam tersebut.

“Kemarin itu selain dari India, ada juga dari Singapura, Malaysia, dan mereka responnya positif. Soto yang kita sajikan memang yang original, tapi kita membawa emping dan jeruk limo karena kalau di sana susah didapatkan,” kata dia.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)