Ingat! Sekarang Kawah Ijen Tutup Satu Hari Tiap Bulan

Ingat! Sekarang Kawah Ijen Tutup Satu Hari Tiap Bulan

Ingat! Sekarang Kawah Ijen Tutup Satu Hari Tiap Bulan

Travel World – Terkhusus bagi para pengunjung yang suka datang menghabiskan waktunya di kawah Gunung Ijen. kini Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Timur telah membuat peraturan baru yakni penutupan total pendakian menuju kawah selama satu harian penuh dan berlaku setiap bulannya.

Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur Sumpena menegaskan, bahwa penutupuan kunjungan menuju kawah Gunung Ijen mulai berlaku mulai dari bulan Januari 2019 mendatang, hari Jumat untuk minggu pertama setiap bulannya. Dengan adanya penutupuan wilayah alam Gunung Ijen itu, ternyata bertujuan untuk mengembalikan ekosistem yang bada di daerah Gunung Ijen.

“Minggu pertama hari jumat itu ditutup. Harapan kita setelah satu bulanya selama ini kita tidak pernah melakukan penutupan ada rekaferi kita biar ada waktu sejenak minimal dalam satu bulan eksosistem di kawasan Ijen itu istirahat,” ujarnya, Senin (10/12/2018).

Sehingga kata Sumpena, setiap hari jumat tersebut wisatawan maupun penambang belerang tidak boleh beraktivitas di kawasan gunung selama 24 jam penuh. Dan untuk mengantisipasi kemungkinan masih adanya wisatawan maupun penambang yang masih nekat mendaki pada hari penutupan yang sudah diberlakukan itu, BKSDA Jawa Timur, akan menempatkan petugas di setiap pos. Mulai dari pintu masuk hingga pos di puncak gunung.

“Sekalian kita untuk merencanakan sehari dalam satu bulan itu kita ada bersih kawasan, bersih gunung, pemulihan ekosistem dalam rangka pengelolaan,” kata Sumpena.

Dalam penutupan yang dilakukan secara rutin ini, BKSDA juga akan terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang berada di wilayah Gunung Ijen. Selain itu sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung setiap bulannya akan dibersihkan terutama di puncak Gunung Ijen.

“Diharapkan, dengan adanya penutupakan sehari setiap bulanya ini, wisata alam Gunung Ijen ini, bisa lebih nyaman dikunjungi,” tambahnya.

Saat ini gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini menjadi wisata favorit wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara. Setiap harinya wisatawan yang mendaki Gunung Ijen ini diperkirkan mencapai 1000 orang lebih.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)