Ini Dia 5 Kuliner Khas Solo Yang Disukai Presiden Joko Widodo

Ini Dia 5 Kuliner Khas Solo Yang Disukai Presiden Joko Widodo

Kuliner – Solo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Daerah itu dikenal tempatnya wisata kuliner yang menyajikan makanan-makanan lezat dan khas. Tak cuman makanan, berbagai macam minuman pun juga bisa anda temui jika berkunjung ke kota ini. Bahkan orang nomor satu di Indonesia sekarang, Presiden Joko Widodo tak pernah lupa mencicipi berbagai macam kuliner kampung halamannya. Mau tau apa saja itu makanan khas Solo yang menjadi favorit Presiden Jokowi. Berikut dibawah ini ulasannya.

1. Timlo Sastro

Timlo Sastro

Timlo merupakan hidangan khas Solo, perpaduan antara sup dan soto. Seporsi timlo berisi ati ampela, semur telur bebek, potongan daging ayam, dan sosis Solo, yang disiram dengan kuah gurih. Kuah timlo cendering bening dan rasanya mirip kuah sup.

Alamat: Jalan Kapten Mulyadi Nomor 8, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Buka pukul 06.00 – 15.30.

2. Dawet Telasih Bu Dermi

Dawet Telasih Bu Dermi

Siang hari saatnya jalan-jalan ke Pasar Gede untuk mencicipi es dawet legendaris yang menjadi salah satu favorit Presiden Jokowi. Semangkuk dawet telasih berisi ketan hitam, tape ketan, bubur sumsum, telasih, gula, dan santan. Karena menggunakan cairan gula pasir, dawet telasih berbeda dari dawet pada umumnya dengan kuah berwarna kecokelatan karena gula Jawa.

Alamat: Pasar Gede Solo, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Jebres, Surakarta. Buka pukul 10.00 – 16.00.

3. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi

Jika sate pada umumnya berbahan dasar daging ayam ataupun kambing, maka lain halnya dengan sate kere. Sate kere dibuat dari potongan tempe gembus, yang merupakan ampas sisa pembuatan tempe. Potongan tempe gembus yang telah dibumbui bacem dibakar di atas bara api, lalu disajikan dengan sambal kacang manis gurih.

Alamat: Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Sriwedari, Laweyan, Solo. Jam buka: 09.00 – 17.00.

4. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi liwet berbahan dasar nasi gurih yang dibubuhi sayur labu siam, potongan daging ayam, telur, dan areh. Nasi gurih mirip dengan nasi uduk, dimasak dengan menggunakan santan kelapa. Sementara areh merupakan cairan kental berwarna putih yang juga terbuat dari kelapa.

Alamat: Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. Buka pukul 00.00 – 12.00 dan 18.00 – 00.00.

5. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo merupakan hidangan khas Kota Bengawan yang mendapat pengaruh dari makanan Eropa. Seporsi selat Solo berisi daging sapi atau galantin, telur rebus, buncis, kentang, selada, mentimun, wortel, keripik kentang, dan mayonais. Sementara itu, kuahnya berupa kuah encer berwarna cokelat kehitaman dengan rasa manis.

Alamat: Jalan Veteran, Gang II Nomor 42, Serengan, Surakarta. Buka pukul 08.00 – 17.00.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)