Ini Dia Kesalahan Memakai Makeup Yang Bisa Timbulkan Jerawat

Ini Dia Kesalahan Memakai Makeup Yang Bisa Timbulkan Jerawat

Ini Dia Kesalahan Memakai Makeup Yang Bisa Timbulkan Jerawat

Makeup – Mendengar kata jerawat pastinya sudah sangat menjengkelkan, namu bagaimana jadinya jika timbul?. Tentu bakal jadi repot sendiri deeh cari cara agar jerawat itu bisa segera hilang. Mungkin bagi anda para wanita masih belum ataupun tidak sadar bahwa kebiasaan yang sering anda lakukan dapat memicu timbulnya jerawat. Lantas kebiasaan apa si yang dimaksud? Kebiasaan tersebut merupakan memakai bahan kecantikan atau makeup.

Akan tetapi saat ini anda tak perlu lagi untuk khawatir dengan masalah tersebut. Berikut ini bakal kami beritahukan mengenai kesalahan makeup berakibat timbulnya jerawat. Melansir dari Womenshealth, berikut kesalahan menggunakan make up yang menimbulkan jerawat.

Kesalahan Menggunakan Foundation

“Secara teknis, kebanyakan mak eup tidak menyebabkan jerawat, tetapi bahan-bahan tertentu yang ada di dalamnya dapat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan bakteri pemicu jerawat tumbuh,” ujar David Lortscher, dokter kulit dan CEO bersertifikat serta pendiri Curology. David menyarankan kepada pengguna make up yang berlabel non-comedogenic, hypoallergenic, atau mineral-based untuk mengurangi pemakaiannya karena dapat menimbulkan risiko iritasi pada kulit atau menyumbat pori-pori.

Terlalu Banyak Menutupi Banyak Jerawat/Bekas Jerawat

“Banyak pasien saya yang menutupi jerawat mereka dengan alas bedak yang tebal, dan hal ini akan memperlambat proses penyembuhan dan berpotensi menyebabkan iritasi lebih lanjut,” ujar Craig Austin, seorang profesor klinis dermatologi dan dermatopatologi dan pencipta Cane + Austin.

Ketika udara tidak masuk kedalam kulitmu yang memiliki jerawat atau bekas jerawat, sebenarnya hal itu mencegah penyembuhannya. Craig menyarankan untuk mengobati jerawat sebelum mengaplikasikan foundation apa pun. Jika kebetulan anda memiliki jerawat yang sedang tumbuh, anda harus menghindari menggunakan makeup, sebab saat itu pori-pori sedang terbuka untuk mencegah infeksi.

Mengaplikasikan Make up Dengan Jari

“Jari-jari yang anda gunakan membawa banyak kuman dan jika anda mengaplikasikan make up dengan tangan dapat membuat iritasi pada kulitmu,” imbuh Craig. Sebagai gantinya, untuk merias wajah anda dapat menggunakan kuas make up atau spons, dan bersihkan wajah secara teratur.

Menggunakan Alat Dan Kuas Makeup Kotor

Hati-hati girls, jika anda tidak rutin mencuci kuas dan alat make up-mu, mereka bisa menjadi penyebab di balik tumbuhnya jerawat pada wajahmu!

Bayangkan saja jika anda menggunakan kuas yang masih basah, tempat yang basah dan lembab ini adalah tempat berkembang biaknya bakteri, dan jika anda menggeseknya di atas wajahmu hari demi hari. Bisa anda bayangkan berapa banyak bakteri yang menempel pada wajahmu.

Cristina Bartolucci, seorang Make up Artist dan pendiri lini kosmetik alami PEEK Beauty, menjelaskan cara membersihkan kuas make up dengan benar. “Perlakukan rambut di kuas makeupmu seperti rambut kepalamu sendiri,” kata Bartolucci. “Cuci secara rutin sekali dalam seminggu. Hal ini akan membuat bakteri ini mati secara perlahan, lalu kuas make up-mu juga akan terasa lembut dan bersih saat digunakan pada wajah. ”Sementara untuk spons make up, Bartolucci menyarankan untuk mencucinya dengan sabun dan air panas, lalu peras hingga airnya bersih.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)