Ini Dia Kuliner Dari Ikan Mentah Khas Indonesia

Ini Dia Kuliner Dari Ikan Mentah Khas Indonesia

Ini Dia Kuliner Dari Ikan Mentah Khas Indonesia

Kuliner – Apakah anda pernah nyobain gimana rasanya kalau nyicipi daging mentah? Pastinya tidak ada yang mau kan. Namun beda halnya dengan daging ikan mentah, biasanya Jepang dan Korea merupakan negara yang banyak menyajikan makanan dari daging ikan mentah dan pastinya terkenal lezat. Nah ternyata kuliner yang tak dimasak itu juga ada di Indonesia loh, namun perbedaanya daging ikan ini disajikan bersamaan dengan menggunakan beberapa bumbu dan sayuran.

Bagaimana rasanya ya? Pasti anda penasaran kan dari mana saja si asal makanan yang terbuat dari daging ikan mentah itu, berikut dibawah ini bisa anda ketahui.

Gohu ikan

Gohu ikan

Hidangan ikan mentah pertama disebut dengan gohu ikan yang berasal dari Ternate, Maluku Utara. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tuna. Pembuatannya sangat sederhana. Pertama, ikan tuna harus dibersihkan dulu, lalu dipotong dadu dan dicampur garam, perasan jeruk nipis, dan daun kemangi. Penyajiannya disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari cabai dan irisan bawang merah. Saat dikonsumsi, ikan akan terasa gurih, segar, dan agak manis. Gohu ikan ini biasanya sebagai lauk pendamping nasi atau bubur sagu.

Naniura

Naniura

Tapanuli, Sumatera Utara, juga memiliki kuliner ikan mentah yang penyajiannya dengan direndam ke dalam bumbu rempah. Kalau dilihat, penampilannya seperti ikan bumbu kuning. Bumbunya terbuat dari kombinasi 10 rempah dan bahan lain termasuk andaliman. Andaliman merupakan bumbu rempah khas Batak yang mampu membuat rasa naniura semakin beragam. Dulu, kuliner ini hanya disajikan untuk para raja. Tapi, sekarang sudah bisa dinikmati semua orang dan menjadi menu di berbagai kafe atau restoran di Sumatera Utara.

Rusip

Rusip

Kuliner ikan mentah khas Indonesia berikutnya adalah rusip yang berasal dari Bangka Belitung. Rusip terbuat dari ikan teri atau dikenal juga sebagai ikan bilis. Pengolahan ikan teri ini difermentasi, yakni setelah dibersihkan, ikan teri segar dicampur dengan gula merah dan garam, kemudian difermentasi selama tujuh hari. Setelah itu, aroma ikan akan berubah menjadi masam. Penyajiannya bersama beberapa bumbu seperti irisan bawang merah, cabai rawit, dan jeruk kunci. Di Bangka Belitung, rusip merupakan makanan pendamping lalapan atau bisa dibilang sebagai pengganti sambal. Rasa kuliner ini pedas dan segar.

Lawa bale

Lawa bale

Sulawesi Selatan, tepatnya suku Bugis, juga mempunyai hidangan ikan mentah yang menggugah lidah. Lawe bale adalah nama dari kuliner ikan mentah asli Indonesia ini. Bahan dasarnya dari ikan ukuran kecil, bisa ikan teri atau ikan banjar. Proses pengolahannya cukup mudah. Setelah ikan dibersihkan, beri perasan jeruk nipis, garam, serta kelapa parut.

Pacco

Pacco

Satu lagi kuliner ikan mentah yang patut anda coba ketika berkunjung ke Luwu, pacco namanya. Cara membuatnya sangat mudah, ikan dibersihkan dulu, kemudian dibasuh dengan air masak. Setelah itu, ditambahkan perasan jeruk nipis dan dibiarkan 10 menit. Ikan kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu yang berupa cabai rawit, jeruk sambel, garam, dan kacang tanah goreng atau bisa dikatakan dengan bumbu kacang. Kuliner ini terasa segar, agak asam, dan gurih.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)