Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Makanan Halal Untuk Wisatawan Muslim

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Makanan Halal Untuk Wisatawan Muslim

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Siapkan Makanan Halal Untuk Wisatawan Muslim

Kuliner – Untuk menyambut Olimpiade Tokyo yang digelar pada tahun 2020 mendatang, saat ini Jepang mulai mempersiapkan berbagai jenis makanan halal. Tentu makanan-makanan tersebut sengaja disediakan untuk para wisatawan yang beragama muslim atau islam.

Sebagai tuan rumah di Olimpiade Tokyo 2020, pastinya negara yang terkenal dengan bunga sakuranya itu bakal didatangi oleh para wisatawan di berbagai penjuru dunia. Maka dari itu, jauh-jauh har Jepang mulai menyiapkan makanan khusu yang akan disajikan.

Bahkan beberapa chef dipanggil untuk saling bekerjasama dalam mengakomodasi kebiasaan diet dari berbagai pengunjung, termasuk para pengunjung Muslim yang mengonsumsi makanan halal.

“Keramahan omotenashi sebenarnya ialah menyediakan pilihan yang beragam. Olimpiade akan berfungsi sebagai kesempatan untuk memahami tidak hanya masakan Muslim, tetapi juga keanekaragaman masakan yang lebih luas,” ujar Tomohiro Sakuma selaku perwakilan Japan Halal Business Association.

Ia juga menambahkan, para chef Jepang akan memamerkan kemampuan mereka yang sebenarnya karena mereka memperhatikan detail dan memiliki keterampilan tingkat tinggi,” jelas Tomohiro dalam The Japan News.

Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo akan berlangsung dari 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Ada lebih dari 50 negara Muslim akan berpartisipasi dalam acara tersebut , disamping ratusan atlet dari negara lain.

Bersama dengan fasilitas masjid bergerak, Jepang juga bekerja untuk menyediakan makanan halal bagi para pengunjung dan atletnya.

Kazuyoshi Aoki, selaku chef senior di hotel Atami, Prefektur Shizuoma adalah salah satu dari mereka yang bekerja untuk mengembangkan resep makanan halal.

“Karena hidangan ini memiliki rasa yang kuat, saya berharap bahwa umat Islam juga akan menikmatinya,” kata Aoki, mengacu pada hidangan ikan yang dibumbui dengan soy sauce halal.

Agar dapat menyajikan menu hidangan halal bagi para pengunjung dan para atlet, tentunya sudah ada persiapan salah satunya adalah lokakarya yang sudah dilakukan sejak September lalu.

Diselenggarakan oleh federasi chef Nasional di Shizuoka, di lokakarya tersebut dijelaskan mengenai pengetahuan bagaimana menyiapkan masakan halal. Kemudian dikombinasikan bersama dengan keahlian dan pengalaman dari masing-masing chef.

Diluar acara Olimpiade, Jepang sendiri memang tengah berfokus pada pasar halal. Jepang pun terus mengembangkan sektor produk halal dan berusaha mencari pasar lokal dan internasional yang baru. Ditambah lagi dengan adanya Olimpiade Tokyo 2020, akan mendatangkan atlet Muslim dan wisatawan dari seluruh dunia.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)