gwk

Kebanggaan Wisata Indonesia di Bali Diresmikan Menjadi Patung Tertinggi Kedua Dunia

Kebanggaan Wisata Indonesia di Bali Diresmikan Menjadi Patung Tertinggi Kedua Dunia

Salah satu kebanggan Indonesia yang baru telah muncul. Akhirnya patung garuda Wisnu Kencana atau patung GWK ini telah diresmikan pada hari Sabtu malam 22 September 2018yang terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Karya seni tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan yang telah ditopang dengan 21.000 batang baja seberat 2.000 tondan juga menggunakan baut sebanyak 170.000 buah.

“Saya tadi diberikan penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari pada patung Liberty di Amerika Serikat,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya meresmikan GWK Sabtu malam, Minggu 23 September 2018.

Patung Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 121 meter yang dimana tinggi dari patung ini melebihi tinggi dari patung Liberty yang tingginya 93 meter. Memang GWK ini dapat menjadi patung tertinggi kedua di dunia yang dimana The Spring Temple Buddha di China memiliki ukuran 128 meter. Adapun The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar yang tingginya menyentuh angka 116 meter namun terhitung 130 meter jika dihitung dari dasarnya.

Jokowi pun mengatakan bahwa patung GWK ini lebih dari ekedar ikon budaya Bali maupun ikon pariwisata Indonesia saja.

“Saya melihat patung ini bukan hanya menjadi ikon budaya Bali atau ikon pariwisata Indonesia, tapi menjadi tapak sejarah. Bangsa kita akan mampu melahirkan karya-karya besar jika kita berani memulai dengan ide-ide besar,” ujar Jokowi menambahkan.

Sekedar informasi, patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan wujud dari Dewa Wisnu yang tengah mengendarai seekor burung Garuda. Dalam ajaran agama Hindu sendiri Dewa Wisnu merupakan Dewa Pemeliharaan atau disebut Sthiti.

Tentunya pembuatan patung yang sebesar ini tak mudah dan langsung dibangun begitu saja, untuk membuatnya diperlukan beberapa uji coba seperti windnel test atau tes ketahanan angin di Australia (Windtech) dan Kanada (RDWI), cavity test atau tes rongga secara berkala, dan soil test.

“Dengan perpaduan itu, patung GWK ini akan mampu bertahan selama kurang lebih 100 tahun dan saya yakin 100 tahun lagi patung GWK akan tetap menjadi karya peradaban yang dibicarakan, yang menjadi kebanggan bangsa dan menjadi warisan kebudayaan bangsa Indonesia,” tutur Jokowi.

GWK telah dibangun selama 28 tahun dan didirikan di Cultural Park GWK yang merupakan bekas lahan penambangan kapur yang sudah tidak produktif lagi. Pembangunannya pun melibatkan 1000 pekerja terbaik di Bandung dan bali serta pembuatan keping – keping GWK juga melibatkan 120 seniman.

Baca juga :

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)