Kepasar Jagalchi, Belut Dan Oktopus Bisa Dimakan Hidup-Hidup

Kepasar Jagalchi, Belut Dan Oktopus Bisa Dimakan Hidup-Hidup

Kepasar Jagalchi, Belut Dan Oktopus Bisa Dimakan Hidup-Hidup

Kuliner – Pengen makan seafood segar seperti gurita, oktopus hingga belut yang masih hidup dengan campuran saus samjang pedas khas Korea Selatan, tempat yang satu ini kayaknya cocok untuk dikunjungi.

Saat berkunjung menuju Negeri Ginseng, Korea Selatan. Sangat tepat bagi para wisatawan untuk mencicipi berbagai macam hidangan segar seafood. Namun berbeda dari Indonesia ya, disana proses pengolahannya berbeda. Dengan kata lain setiap hewan yang ingin disantap dapat dikonsumsi saat masih dalam keadaan hidup. Namun Sebelum dimasukan kedalam mulut, pastinya seafood tersebut dipotong-potong lebih dulu dan disesuaikan dengan ukuran mulut.

Untuk merasakan kesegaran seafood itu tentu anda bisa mengunjunginya di Jagalchi Market yang terletak di wilayah Busan. Tempat itu memang dikenal sebagai tempat yang sediakan hasil laut segar terbesar di Korea Selatan karena berada di pelabuan terbesar di Negeri Gingseng. Dilaporkan Eater, pelabuhan itu sudah beroperasi sejak abad ke 15.

Di bagian dalam pasar, terdapat kios-kios ikan mentah atau kering yang biasa dibeli warga setempat dan para turis. Selain itu, ada banyak hidangan seafood yang bisa Anda lahap di sana. Sebab tersedia beberapa kios seafood siap santap. Tapi kebanyakan seafood mentah.

Hal itu terlihat lewat seafood yang masih bergerak saat tersaji di piring makan. Mulai dari oktopus, gurita hingga belut. Semuanya tersaji dalam tak hanya dalam keadaan mentah tapi masih segar dan hidup.

Yang paling populer memang gurita kecil atau biasa disebut Sannakji dan Gaebul, potongan ikan seperti teripang. Sannakji umumnya disantap bersama Samjang, saus khas korea berwarna merah terang dan minyak wijen. Sementara Gaebul biasanya disajikan bersama kecap asin.

Selain kedua menu itu, ada pula Gejang, hidangan dari kepiting-kepiting kecil mentah yang disiram berbagai macam saus. Juga sashimi hidangan seafood mentah yang dicelupkan saus kecap asin.

Karena dimakan hidup-hidup, semua bahan tadi terutama potongan gurita masih menggeliat di dalam mulut begitu Anda gigit. Bahkan kerap menempel dan menggeliat di salah satu sumpit.

Hidangan mentah sebenarnya memang sudah tak asing bagi masyarakat Korea. Masyarakat Korea mengkonsumsi seafood mentah karena mereka percaya bahwa hidangan laut atau makhluk yang hidup di laut paling baik jika dimakan mentah-mentah. Mereka percaya bahwa nutrisi yang terkandung didalam makhluk laut tak akan tercemar oleh minyak dan bumbu-bumbu.

Beberapa restoran di Korea Selatan juga menyediakan menu gurita hidup yang bisa dipesan dan dinikmati dengan kuah pedas atau sebagai salad.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)