rawon

Kuliner Khas Indonesia Yang Sulit Ditirukan Oleh Masyarakat Luar Negri

Kuliner Khas Indonesia Yang Sulit Ditirukan Oleh Masyarakat Luar Negri

Trending Culinary – Indonesia memiliki banyak kekayaan yang beragam mulai dari kekayaan budaya, wisata, adat istiadat, SDM, SDA, kuliner, dan masih banyak lagi. Kuliner Indonesia sendiri memiliki rasa yang khas dari kuliner – kuliner yang ada di negara lain dan juga tak banyaak yang dapat menirukan masakan Indonesia yang sangat unik dalam hal resep maupun cara memasaknya. Banyak resep dalam masakan Indonesia yang tak dapat anda dapatkan di negara lain karena rempah – rempah yang tak mudah didapatkan di negara lain. Berikut beberapa kuliner Indonesia yang sulit ditirukan oleh negara lain karena bahannya yang sulit didapatkan maupun cara membuatnya yang rumit.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas Sumtra, Mingkabau. Rendang sendiri sudah ada sejak dahulu dan sudha menjadi masakan tradisi yang akan dihidangkan dalam upacara adat maupun makanan sehari – hari. Kenikmatana makanan yang satu ini telah diakui oleh seluruh masyarakat Indonesia bahakan masyarakat luar negri. Memang bahan yang digunakan untuk emmbuat rendang dapat diperoleh diluar negri, namun untuk membuatnya buknalha perkara yang mudah. Rendang harus dibuat dengan komposisi yang sangat rumit. Bahakan cara memasaknya sendiri juga bukan perkara sepele.

Gudeg

Gudeg sudah dikenal sejak jaman penjajahan dulu. Cita rasa yang manus serta gurih membuat masakan yang satu ini sanagt digemari oleh berbagai kalangan. Tak hanya para masyarakat Indonesia, masyarakat luar negri yang sudah mencicipi makanan yang satu ini pun ketagihan. Gudeg yini tak dapat dititu oleh negara lain karena bahan dasarnya yang hanya ada di Indonesia dan hanaya orang Indonesia yang dapat mengolah nangka muda menjadi masakan selezat gudeg.

Gado – Gado

Gado – gado merupakan salah satu kuliner Indonesia yang terdiri dari berbagai sayuran, bumbu kacang dan lontong. Makanan yang satu ini sangat dikenal oleh banyak orang termasuk masyarakaat luar negri. Alasan makanan yang satu ini tak mungkin diklaim oleh negara lain adalah cara penyajiannya. Banyak masakan luar yang memperhatikan masakan tunggal alias tak i campur – campur. Cara penyajiannya sudah tak sama dengan cara penyajian di negara lain.

Dodol

Mengolah jajanan yaang satu ini sungguh dibutuhkan ketelatenan. Jajanan khas Garut ini juga membutuhkan waktu yang lama untuk diolah. Adonan dodol ini harus terus diaduk supaya tak gosong. Hal ini tak mungkin dibuat di negara lain karena caranya yang sangat rumit sedangkan gaya memasak luar negri merupakan masakan yang simple. Mereka sudah terbiasa dengan cara pengolahan yang sulit.

Rawon

Rawon merupakan makanan Indonesia berupa sup daging yang berkuah hitam. Rawon menggunakan kluwek sebagai bumbu khasnya. Walau dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, namun Rawon juga cukup populer untuk masyarakat Jawa Tengah. Bumbu yang dikenakan seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati yang tentunya susah di dapatkan di luar negri sehingga tak akan mudah untuk merekah membuat maskan ini.

Baca Juga :

Tips Sukses Menjadi Pengusaha Bidang Fashion Yang Sukses

Tips Yang Dapat Membuat Kulit Wajah Nampak Lebih Cerah dan Bercahaya

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)