Kuliner Khas NTT Yang Bisa Bikin Lidah Ketagihan

Kuliner Khas NTT Yang Bisa Bikin Lidah Ketagihan

Kuliner Khas NTT Yang Bisa Bikin Lidah Ketagihan

Kuliner – Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi Indonesia yang beribukota di Kupang. Pulai ini terkenal dengan keberadaan pulai Komodo, reptil yang memiliki lendir beracun dan berbahaya di dunia. Tempat ini juga dikenal dengan ekosistem alam, adat istiadat dan kulinernya.

Namun membahas mengenai makanan, banyak wisata kuliner yang bisa ditemui di NTT. Bagi para pengunjung yang datang, mereka tentu dapat mendatangi tempat makan yang telah menyediakan makanan khas di daerah ini. Berikut dibawah ini beberapa di antaranya.

Se’i

Se'i

Diolah dari daging sapi atau babi yang dipanggang di atas bara api dengan diberi rempah-rempah khusus. Kuliner ini menjadi yang paling digemari karena aromanya yang khas dan dagingnya yang empuk. Daging se’i paling enak kalau dinikmati bersama sambal lu’at. Hampir di seluruh daerah di NTT menyajikan menu utama se’i jadi tidak susah kalau mau coba kuliner yang satu ini.

Sambal lu’at

Sambal lu'at

Sambal dengan aroma khas daun kemangi dan memiliki cita rasa asam dari perasan jeruk. Biasanya sambal ini disajikan dengan menu khas lainnya seperti se’i atau jagung bose. Sambal lu’at selalu menjadi primadona para pencinta pedas yang berburu kuliner khas NTT untuk dijadikan oleh-oleh.

Jagung bose

Jagung bose

Rasanya tidak lengkap kalau datang ke daerah di NTT dan tidak mencicipi menu yang satu ini. Jagung bose, sebutan masyarakat setempat untuk menu khas yang diolah dari jagung kering yang diambil biji jagungnya, lalu ditumbuk menggunakan lesung (alat tradisional yang di gunakan untuk menumbuk jagung ataupun padi).

Biji jagung tanpa kulit ini kemudian diolah bersama kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang tanah. Campuran jagung bose dan kacang-kacangan itu dimasak dengan menggunakan santan. Walaupun melewati proses memasak yang cukup lama, namun rasanya yang enak sebanding dengan penantiannya.

Jagung ktemak

Jagung ktemak

Hampir tidak jauh beda dengan jagung bose, jagung ktemak juga diolah dari biji jagung yang langsung dimasak tanpa harus ditumbuk seperti pada jagung bose. Campuran pada jagung ktemak juga sama dengan jagung bose, namun kebanyakan masyarakat lebih suka menambahkan sayur daun pepaya untuk menambah cita rasa pahit.

Lawar ikan sardin

Lawar ikan sardin

Menu khas yang satu ini paling digemari karena memiliki rasa yang lengkap, yaitu pedas asin asam. Lawar ikan sardin dibuat dari ikan sardin halus yang sudah di bersihkan, kemudian diberi cuka, cabe, daun badang, dan bawang merah. Makanan ini tidak melalui proses memasak. Walaupun tidak dimasak tapi bau amis pada ikan sardin itu tidak akan terasa, yang ada anda akan ketagihan untuk nambah.

Sayur daun singkong bunga pepaya

Sayur daun singkong bunga pepaya

Olahan sayur ini memiliki rasa yang tidak pahit walaupun dicampur bunga pepaya. Hal ini karena sebelum dimasak dengan bumbu, sayur daun ubi bunga pepaya direbus terlebih dahulu. Setelah itu diangkat dan diremas sayurnya untuk dikeluarkan airnya. Sayur ini bisa menjadi teman makan dengan nasi juga.

Kue cucur

Kue cucur

Kue berbentuk bulat lonjong ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan warna kecoklatannya berasal dari gula merah. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota Kupang. Kue cucur dijual setiap pagi di pinggir jalan dengan harga yang murah dan rasanya manis.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)