Celimpungan

Kuliner Olahan Ikan Khas Palembang Selain Pempek

Kuliner Olahan Ikan Khas Palembang Selain Pempek

Trending Culinary – Palembang merupakan kota yang sudah sangat terkenal dengan berbagai olahan ikannya terutama pempek. Makanan pempek sudah menjadi salah satu ikon yang sangat melekat degan kota yang satu ini. Namun ternayta di palembang ini tak ahanya pempek saja yang memnjadi kuliner olahan ikan. Palembang masih menyimpan banyak kuliner berbahan dasar ikan lainnya.

Jika makanan pempek disantap menggunakan kuah yang terbuat dari rebusan gula merah, cabai, serta bawang putih atau bumbu yang sering disebut cuka, maka olahan ikan lainnya dari Palembang disajikan menggunakan kuah yang terbuat dari berbagai macam rempah , santan, serta kaldu udang.

Berikut beberapa makanan olahan ikan lainnya dari Palembang selain Pempek yang tak akalah nikmat dibanding pempek.

Laksa

Makan olahan ikan dari Palembang yang satu ini memiliki kuah santan. Bentuknya seperti pempek lenjernamun lebih pipih dan memiliki kuah santan yang berawarna merah. Makanan yang satu ini memang unik dengan rasanya yang nikamt.

Celimpungan

Olahan ikan dari Palembang yang satu ini disajikan menggunakan kuah santan yang terdiri dari campuran bumbu dab kuah rempah sehingga kuah ini memiliki rasa yang kuat. Sebagian besar yang sudah mencicipi olahan ikan yang satu ini cocok dan ketagihaan dengan rasanya nikmat.

Model

Olahan ikan khas Palembang yang satu ini merupakan olahan ikan dengan tepung saguyang disajikan menggunakan kuah kaldu seperti tekwan. Yang berbeda dari tekwan dan nmodel adalah jika takwan memiliki bentuk yang kecil – kecil, model memiliki bentuk yang berbentuk seperti kapal selam yang dipotong – potong dan berisi.

Tekwan

Tekwan terbuat dari daging ikan giling dan tepung sagu yang direbus dan disuguhkan dengan kuah kaldu yang sudah dilengkapi dengan jamur kupong, irisan bengkoang, bunga sedap malam yang dikeringkan, soon, bawang goreng, daun bawang, dan seledri.

Burgo

Menu yang satu ini sering digunakan sebagai menu sarapan di Palembang. Burgo sendiri memang tak terbuat dari ikan, melainkan tepung beras serta sagu yang digulung kemudian dipotong – potong. Iakn yang teletak pada makanan ini adalah pada kuahnya. Kuah santun dari burgo ini sudha diberi bumbu yang dicampur dengan daging ikan yang sudah di haluskan.

Baca Juga :

Please follow and like us:
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)