Lezatnya Bebek Timbungan Kuliner Khas Raj-raja Di Bali

Lezatnya Bebek Timbungan Kuliner Khas Raj-raja Di Bali

Lezatnya Bebek Timbungan Kuliner Khas Raj-raja Di Bali

Kuliner – Mendengar kata Bali, pasti yang ada didalam pemikiran hanyalah pemandangan indah dari pantai terkenalnya. Selain terkenal dengan pantainya, terdapat satu kuliner khas yang selalu di incar oleh para pengunjung yang datang, yaitu Bebek Timbungan.

Makanan ini dikenal sangat istimewah, pasalnya hidangan tersebut biasa selalu disajikan khusus untuk para raja-raja atau penjabat tingkat tinggi sedang mengadakan pesya pada zaman kerajaan dahulu. Meskpun sudah ada sejak lama, soal rasa Bebek Timbungan tentu tidak kalah nikmat dari makanan modern sekarang.

Beruntung semakin berkembangnya jaman, kini kuliner Bebek Timbungan bisa dinikmati siapa saja, mau itu dari penduduk lokal atau pun penduduk luar Bali yang datang berwisata menuju Pulau Dewata tersebut.

“Menu Bebek Timbungan kini semua orang bisa menikmati ala makanan khas tempo dulu,” ujar Ana Dewi Permana dari Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine di Seminyak, Kuta, Bali.

‚ÄúDalam menyambut kunjungan wisatawan maupun warga lokal, kami menyediakan kuliner khas Bali, salah satunya ‘Bebek Timbungan’,” imbuhnya.

Ana Dewi juga memberitahukan restoran yang ia miliki itu punya cara tersendiri dalam penyajian sajian Bebek Timbungan. Ia mengaku selalu menampilkan ciri khas yang berbeda-beda. Bahkan Dewi menyatakan jika timbungan (Tervuat dari rebung bambu) ia sajikan dengan lebih menarik.

Menurut penilaian Ana Dewi, meni makanan Bebek Timbungan merupakan salah satu makanan yang paling terkenal dan tertua khas Pulau Dewata. Pada awalnya sajian Bebek Timbungan hanya bisa dihidangkan pada saat ritual adat Bali saja.

Dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah Timbungan. Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau timbung, yang beratti rebung bambu atau lebih dikenal dengan sebutan bambu yang masih muda.

“Jadi, Bebek Timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu muda. Bebek Timbungan menjadi kuliner Bali yang harus dicoba jika berlibur ke Bali,” katanya.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)