Luar Biasa, Seniman Asal Italia Bikin Ukiran Dari Semangka

Luar Biasa, Seniman Asal Italia Bikin Ukiran Dari Semangka

Luar Biasa, Seniman Asal Italia Bikin Ukiran Dari Semangka

Kuliner – Mungkin saja kegiatan megukir lebih sering dilakukan di kayu-kayu yang kuat. Tak sedikit pula para pengukir menciptakan bentuk-bentuk yang menakjubkan dari hasil ukirannya. Salah satunya merupakan Valeriano Fatica, namun dirinya berbeda dengan para pengukir lainnya. Sebab Valeriano menunjukan kreasinya itu dengan menggunakan buah semangka, labu, kentang hingga truffle.

Ketika ia masih kecil, Valeriano memang hoby dalam menggambar. Akan tetapi saat dirinya duduk di bangku SMA, Valeriano baru menyadari kegemarannya itu adalah mengukir. Pada tahun 2011 lalu, saar Valeriano bekerja di sebuat restoran milik keluarganya, “La Roccia” di Oratino, Italia, sejak dari situlah ia mulai belajar untuk mengukir.

Alih-alih mengukir batu atau tanah liat, Fatica fokus mengukir bahan makanan. Karya pertamanya adalah ukiran semangka yang dibuat untuk restoran tempatnya bekerja. Ia terinspirasi membuatnya setelah melihat kakaknya berkreasi.

“Sejak kecil saya suka seni, tapi bekerja di restoran keluarga membuat saya tidak punya banyak waktu untuk mengukir atau melukis. Jadi saya putuskan memakai buah untuk mengekspresikan diri saya,” ujar pria 30 tahun ini pada BuzzFeed (24/11).

Tak hanya semangka, Fatica juga mengukir labu, kentang, pisang, dan nanas. Terlihat bentuk ukirannya banyak terinspirasi makhluk-makhluk fantasi dan mitologis. Meski begitu ia tak membatasi dirinya pada dunia fiksi ilmiah atau fantasi saja, Fatica rupanya juga menggemari Harry Potter dan komik-komik Jepang seperti Dragon Ball.

Lewat situs resminya, Fatica menginformasikan pernah belajar 1 tahun di sekolah seni namun memutuskan keluar. Baginya hal itu hanya habiskan waktu sia-sia.

Salah satu karya Fatica yang menarik perhatian adalah ukiran truffle. Ia mengklaim karyanya sebagai ukiran truffle pertama di dunia. Tampilan jamur berharga dunia ini ia sulap jadi sosok realistis.

Ada juga ukiran semangka bentuk Venom yang persis asli. Fatica dengan hati-hati memahat semangka hingga menampilkan bentuk gigi dan lidah Venom yang menjulur panjang.

Untuk kentang, Fatica menghadirkan sosok wanita berambut panjang. Uniknya ukiran kentang ini ia goreng setelahnya. Tak lupa Fatica juga menyirami saus sehingga ukiran kentangnya bisa dimakan.

Karya-karya Fatica mudah ditemui di berbagai platform media sosial miliknya. Tak jarang ia menunjukkan proses mengukir sejak awal hingga akhir. Kalau tertarik, bisa mengintip akun Instagramnya, valeriano_fatica.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)