Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Rutin Berenang

Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Rutin Berenang

Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Rutin Berenang

Kesehatan – Berenang merupakan salah satu cara berolahraga yang cukup menyenangkan. Bahkan sekarang tak sedikit pula dibuka les untuk belajar berenang. Yang namanya olahraga tentu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh meskipun kita berada didalam air, terlebih lagi dilakukan secara ruti. Mungkin tak banyak yang tau apa saja itu manfaat yang bisa didapat dari berenang. Oleh karena itu, dalam ulasan ini akan kami beritahukan kepada anda.

Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Bagi yang menjalankan rutinitas yang kebanyakan duduk tegak di sekolah atau di kantor, berenang bisa dijadikan olahraga rutinmu. Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna. Anda tidak bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda atau lari.

Menyehatkan jantung dan paru-paru

Gerakan-gerakan ketika berenang dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan akan terlatih menjadi lebih kuat dan panjang. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan pelari.

Menurunkan berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat, berenanglah dengan rutin. Dengan berenang selama setengah jam, setidaknya 200-300 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar. Namun itu semua harus didukung juga dengan gaya hidup sehat lainnya ya.

Menjadikan awet muda

Berenang dapat membuat tetap bugar di usia senja dan usia bisa lebih panjang. Menurut riset dari Indiana Unversity, berenang mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol dan kesehatan jantung serta pembuluh darah, kesehatan sistem saraf pusat, fungsi kognitif, massa otot, kimiawi darah yang lebih identik ditemukan pada orang yang lebih muda. Dan jika anda rutin berenang, di usia senja nanti anda akan terlihat 20 tahun lebih muda.

Menyingkirkan stres dan depresi

Mungkin anda tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, anda akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.

Meningkatkan keseimbangan

Berenang adalah tentang keseimbangan. Kedua tangan dan kaki bergerak, mengembangkan otot-otot di perut dan punggung bawah. Berenang juga dapat membantu meregangkan serat otot dan juga ligamen. Umumnya, orang yang rutin berenang memiliki keseimbangan yang stabil.

Menurunkan risiko diabetes

Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan anda terbebas dari diabetes.

Please follow and like us:

Enjoy this blog? Please spread the word :)