Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

All About Female – Sebelumnya anda sudah mengetahui mitos mengenai minum air kelapa bagi ibu hamil. Namun untuk saat ini kita akan membahas hal yang sama mengenai air kelapa, akan tetapi berbeda topik, yaitu manfaat minum air kelapa.

Bagi ibu-ibu yang sedang hamil, biasanya sang mertua sering memberikan saran untuk meminum air kelapa hijau. Perlu diketahui, air kelapa tentunya aman jika diminum oleh ibu hamil, akan tetapi jangan sampai kelebihan ya.

Dengan meminum air kelapa, bisa membantu mengatasi dehidrasi mengatasi mual. Dikutip dari momjunction.com, air kelapa juga bisa bantu atasi konstipasi dan heartburn. Sebenarnya bagi ibu hamil disarankan supaya minum air kelapa dipagi hari dan perut masih keadaan kosong. Hal tersebut bertujuan agar mudah terserap dan kandungan nutrisinya bisa langsung dioptimalkan oleh tubuh. Namun ada lagi manfaat lainnya minum air kelapa yang bisa didapat ibu hamil. Dibawah ini manfaat sekaligus penjelasannya :

Memperlancar buang air kecil

Air kelapa adalah minuman diuretik alami. Dengan minum air kelapa, buang air kecil bisa lebih lancar. Air kelapa mengandung kalium, magnesium, dan mineral yang baik untuk tubuh karena bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Fungsi ginjal pun lebih optimal dan bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kandung kemih.

Mengatasi sembelit

Perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan sejumlah masalah, seperti heartburn, sembelit, dan gangguan pencernaan. Kandungan serat yang kaya pada air kelapa bisa memperkuat sistem pencernaan dan menyeimbangkan kadar pH, sehingga bisa bantu atasi sembelit. Sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat dan bisa memperlancar proses detoksifikasi tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan anti oksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal dari serangan infeksi dan penyakit. Tubuh pun jadi tidak gampang jatuh sakit.

Mencegah kelebihan berat badan

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Karena saat hamil, berat badan biasanya akan bertambah maka minum air kelapa bisa memberi manfaat yang luar biasa. Minum air kelapa juga bisa bantu mencegah penumpukan lemak dan mengatasi kolesterol jahat.

Mengoptimalkan perkembangan janin

Ibu hamil bisa mendapat banyak manfaat kesehatan dari air kelapa yang diminumnya. Hal ini juga bisa mempengaruhi janin dalam kandungan di mana perkembangan dan pertumbuhannya bakal lebih optimal.

Menjaga tekanan darah

Kandungan vitamin, protein esensial, dan elektrolit pada air kelapa bisa mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Minum segelas air kelapa setiap hari pada trimester akhir bisa sangat baik untuk ibu hamil karena biasanya pada fase ini tekanan darah ibu meningkat akibat stres.

Menjaga keseimbangan pH tubuh

Selama hamil, tubuh bisa kehilangan banyak elektrolit karena mual, muntah, hingga diare. Di sini air kelapa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh. Sehingga keseimbangan pH bisa kembali terjaga. Lima kandungan elektrolit penting, seperti mineral, sodium, kalsium, kalium, dan fosfor yang terkandung dalam air kelapa sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh selama hamil.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)