Nikmat, Sego Pecel Khas Solo, Kediri hingga Madiun

Nikmat, Sego Pecel Khas Solo, Kediri hingga Madiun

Nikmat, Sego Pecel Khas Solo, Kediri hingga Madiun

Kuliner – Pernah dengar kata sego pecel? Mungkin beberapa diantara anda masih belum tau apa itu. Sego pecel merupakan sebuatan nasil pecel dari bahasa Jawa. Makana tersebut sangat terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Isinya pun campuran dari aneka sayur rebus yang disiram dengan saus kacang pedas, pastinya nikmat deh.

Jika dilihat, racikan pecel dari tiap wilayah Jawa memiliki ciri khas yang sama. Nah bagi anda yang masih belum tau bagaimana racikan pecel khas beberapa daerah di Jawa, berikut dibawah ini kami beritahukan.

Solo

Solo

Solo punya pecel khas bernama pecel ndeso. Tampilan pecel ini selintas sama dengan pecel lain. Bedanya pecel ndeso memakai nasi merah dan saus atau sambal pecel berbahan wijen hitam untuk menyiram sayurnya. Aromanya lebih gurih dengan rasa krenyes wijen yang khas.

Jenis sayuran untuk pecel ndeso terbilang beragam seperti bayam, kecambah, kenikir, lembayung, kembang turi dan kecipir. Yang paling khas tentu saja pemakaian kembang turi yang hanya mudah ditemui di daerah Jawa Tengah saja.

Pecel ndeso umumnya disajikan memakai pincuk daun pisang. Pelengkap lainnya ada bongko yang terbuat dari campuran kacang tolo atau kacang merah, jantung pisang, parutan kelapa, dan kerupuk karak atau gendar.

Purwokerto

Purwokerto

Kota di Jawa Tengah, Purwokerto, punya nasi pecel enak berbahan kecombrang. Disebut pecel kecombrang, pecel ini jadi menu sarapan favorit warga Purwokerto. Isiannya ada kangkung, daun papaya, sawi, kacang panjang, tauge atau kecambah, mentimun, dan tentu saja irisan bunga kecombrang.

Pemakaian kecombrang atau honje memberi aroma dan rasa yang khas pada pecel. Ada rasa pedas mirip jahe dan wangi segar jeruk nipis. Bagi yang tak terbiasa mencicipnya mungkin akan merasa sedikit aneh. Untuk bumbu, pecel kecombrang memakai bumbu kacang yang bulirannya masih agak kasar dengan rasa pedas tak kuat.

Kediri

Kediri

Pecel khas Kediri juga tak kalah unik. Perpaduan sayuran segar seperti kenikir, bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, kembang turi, dan tauge, disirami sambal tumpang. Sambal tumpang ini eksotis karena dibuat dari tempe yang hampir busuk. Ada pula penambahan bumbu lain seperti cabe, bawang, hingga garam. Untuk versi modern, sambal tumpang bisa ditambahkan ebi, rebung atau petai.

Madiun

Madiun

Pecel Madiun bisa dibilang sebagai jenis pecel sayur paling populer. Ciri khasnya ada pada pemakaian pincuk pisang. Isian sayurnya beragam termasuk tambahan petai Cina dan daun kemangi yang bikin makin harum.

Sambal pecelnya terasa gurih pedas karena dibuat dari kacang tanah goreng, cabe merah, gula merah, kencur, jeruk limau, terasi hingga asam Jawa. Biasanya pecel Madiun dijajakan bersama lauk tempe mendoan, sate ati ampela, paru goreng, dan rempeyek.

Nganjuk

Nganjuk

Pecel dari Nganjuk ini namanya pecel bledek. Sekilas tampilannya mirip pecel Madiun, hanya saja sambal pecelnya berbeda. Punya arti “petir” dalam bahasa Jawa, pecel bledek dibuat dalam versi lebih pedas.

Sayurannya terdiri dari daun pepaya, kenikir, daun singkong, kembang turi, lamtoro, dan kemangi. Pelengkap khas pecel bledek adalah serundeng kering dan rempeyek. Tempe goreng atau telur asin juga bisa ditambahkan agar lebih nikmat.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)