Pempek Menggale Dari Belitung Terbuat Dari Singkong

Pempek Menggale Dari Belitung Terbuat Dari Singkong

Pempek Menggale Dari Belitung Terbuat Dari Singkong

Kuliner – Palembang memang terkenal dengan pempeknya, namun di Belitung juga memiliki pempek yang memiliki rasa tak kalah lezat. Dengan warna sama-sama putih, akan tetapi bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pempek terbuat dari bahan berbeda.

Pempek merupakan salah satu makanan khas dari Palembang yang terkenal di Indonesia. Bisanya pempek Palembang terbuat dari bahan campuran seperti tepung sagu, ikan tenggiri atau ikan belida. Soal rasa tentu tak perlu ditanyakan lagi, terlebih lagi jika dicampurkan dengan kuah cuko yang asam dan sedikit pedas. Oleh karena itu, pempek juga dikenal sebagai makanan populer di Palembang.

Tak terkecuali dengan warga Belitung. Memanfaatkan tumbuhan yang mudah ditemukan di sana, warga Belitung membuat sajian bernama ‘Pempek Menggale’.

Pempek yang satu ini terbuat dari adonan campuran tepung kanji, daging ikan, dan singkong. “Pempek ini dibikin dari singkong, tepung kanji sama ikan,” jelas salah satu pedangan pempek menggale di wilayah Belitung Timur pada detikFood (6/12).

Menggale sendiri merupakan sebutan untuk tumbuhan singkong. Kata itu berasal dari bahasa Belitung, ‘segale-gale’ yang artinya seluruh bagian umbian tersebut bisa dimanfaatkan. Seluruh bagian dimaksud meliputi, akar, daun hingga batangnya.

Dengan pemakaian bahan tersebut, citarasa pempek singkong khas Belitung dengan pempek khas Palembang sangat berbeda. Pempek menggale memiliki tekstur sedikit kenyal dengan rasa ikan ringan dan rasa singkong yang dominan.

Namun citarasa pempeknya jadi nyaris sama seperti pempek Palembang berkat campuran kuah cuko berwarna cokelat. Kuah cukonya memiliki rasa yang hampir sama dengan cuko pempek Palembang. Tapi memiliki tampilan yang lebih encer dan terbuat dari bahan berbeda.

Lebih lanjut salah satu pedagang pempek menggale di dekat rumah rumah masa kecil Ahok yang terletak di Desa Lenggang, Kabupaten Belitung Timur itu menjelaskan, “Bedanya, cuko ini nggak dibikin pakai cuka putih. Tapi dari gula aren, cabe rawit, bawang putih, gula, garam, dan jeruk kunci.”

Pemakaian jeruk kunci inilah yang membuat rasa asam segar cuko pempek menggale lebih ringan dan tak menggigit di lidah. Ditambah rasa pedas dari cabe rawit yang digunakan. Rasanya jadi asam, gurih, dan pedas.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)