Penyebab Dan Pertolongan Pertama Saat Sesak Napas

Penyebab Dan Pertolongan Pertama Saat Sesak Napas

Penyebab Dan Pertolongan Pertama Saat Sesak Napas

Kesehatan – Apakah anda pernah mengalami sesak napas? Masalah kesehatan yang satu ini bakal membuat penderitanya bakal tak merasa nyaman selama permasalahan pernapasan berlangsung. Jika telah begini, kita pun harus bisa langsung membuat pertolongan pertama agar sesak napas tak berlangsung lama. Namun sebelumnya perlu juga diketahui apa saja itu penyebab sesak napas agar anda bisa menjauhinya.

Penyebab Sesak Napas

Saluran napas tersumbat

Penyebab sesak napas pertama adalah adanya hambatan pada jalan napas mulai dari hidung, mulut, tenggorokan. Jika ada yang tersumbat maka udara tidak bisa masuk ke dalam paru sehingga timbul kesulitan menarik dan membuang napas. Misalnya tersedak, epiglotitis (radang pada pita suara), hidung tersumbat karena flu.

Penyakit jantung

Penyakit jantung bisa menjadi penyebab sesak napas bila jantung memiliki kesulitan dalam memompa darah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Ini bisa disebabkan pada kasus gagal jantung dan penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, dan gangguan irama jantung (aritmia).

Penyakit paru

Penyakit paru, mulai dari gangguan pembuluh darah, jaringan paru, saluran paru, selaput pembungkus paru (yang disebut pleura), dan lainnya. Misalnya: emboli paru (adanya sumbatan pada pembuluh nadi paru), bronkiolitis (radang pada bronkiolus -saluran paru kecil), penyakit obstruktif paru menahun, pneumonia (radang paru), hipertensi pulmonal, asma.

Emosi

Masalah emosional, seperti cemas atau serangan panik. Masalah lainnya seperti kegemukan, alergi, dan menghirup debu.

Kondisi normal

Penyebab sesak napas selanjutnya adalah keadaaan normal: setelah beraktivitas, olahraga, atau berada di tempat ketinggian.

Pertolongan Sesak Napas

Bawa ke tempat tenang

Pertolongan pertama sesak napas yang dapat anda lakukan dengan segera adalah bawalah orang tersebut ke tempat yang tenang. Segera panggil ambulance atau bantuan orang lain.

Biarkan setengah duduk dan keadaan sadar

Cara mengatasi sesak napas selanjutnya adalah buat penderita supaya dapat setengah duduk dan sandarkan pundaknya dengan bantal atau apapun. Usahakan penderita jangan dalam keadaan tidur karena akan memperparah keadaannya.

Kompres air hangat

Air hangat akan membantu keadaan penderita sesak napas menjadi lebih baik. Karena air hangat dapat membantu menghangatkan dada dan membantu pernapasan.

Longgarkan pakaiannya

Cara ini supaya penderitanya tidak merasa sesak. Kemudian pijitlah daerah saraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (tepatnya 3-5 cm di atas ruas ibu jari).

Pijat pelan-pelan

Namun cara memijatnya harus dengan pelan-pelan. Bila perlu, berikan bronkhodilator seperti salbutamol atau berikan obat semacam pereda hirupan atau nebuliza. Apabila pertolongan pertama sesak napas sudah dilakukan seperti di atas namun tidak ada kemajuan atau sering kambuh lagi, segera bawa ke dokter untuk berkonsultasi.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)