Pertahankan Tradisi, Pengunjung Perlu Ijin Saat Datang Ke Air Terjun Bertingkat Ini

Pertahankan Tradisi, Pengunjung Perlu Ijin Saat Datang Ke Air Terjun Bertingkat Ini

Pertahankan Tradisi, Pengunjung Perlu Ijin Saat Datang Ke Air Terjun Bertingkat Ini

Travel World – Terdapat salah satu wisata air terjun bertingkat yang keberadaannya di Desa Muaro Panco Barat, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Jambi yang sampai sekarang masih harus menjaga tradisinya. Yaitu para pengunjung boleh saja pergi menuju lokasi air terjun bertingkat jika mereka telah diberikan izin oleh ada setempat.

Memang wisata air terjun bertingkat tersebut menurut pengakuan para warga tak dikelola baik aset wisatanya. Uniknya lagi, loasi wisata itu sama sekali tak terpengaruh dengan kebudayaan luar. Tentu hal ini memiliki tujuan menjaga budaya dan keagamaan masyarakat yang masih erat. Oleh karena itu, masih banyak juga yang belum mengetahui keberadaan air terjun dan pastinya masih terjaga.

Kepala Desa Muaro Panco Barat, Halip Mawardi mengatakan, wisata air terjun di desanya sangatlah indah dan airnya dingin. Namun wisatawan tidak boleh asal menjamahya karena masyarakat di sekitar lokasi wisata ini memegang teguh adat istiadat yang berbunyi adat bersendi sarak, sarak bersendi kitabullah.

“Perjalanan ke lokasi air terjun ini sekitar 6 jam dari jalan lintas bangko kerinci, Jambi,” terangnya.

Halip Mawardi menyebutkan, air terjun yang terletak di desanya sangat tinggi dan bertingkat sedangkan perjalanan ke air terjun lumayan jauh.

“Kalau air terjunnya bertingkat kurang lebih 20 tingkat kalau tingginya sekitar 15 meter per tingkat air terjun,” paparnya.

Meski demikian dia menyebutkan bagi wisatawan yang penasaran boleh menelusuri air terjun. Namun harus izin tokoh atau perangkat desa dahulu.

” Menelusuri air terjun tidak dibolehkan berpasang-pasangan menuju lokasi wisata. Hanya bisa perempuan sesama perempuan dan laki laki sesama laki laki,” jelas Halip Mawardi.

Menelusuri wisata ini katanya nanti akan didampingi warga setempat sekitar lokasi wisata.

“Jika ada yang minat ke air terjun maka harus izin adat desa dulu dan baru bisa masuk ke lokasi wisata tersebut,” tandasnya.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)