Rahasia Masak Sop Buntut Selezat Buatan Restoran Terkenal

Rahasia Masak Sop Buntut Selezat Buatan Restoran Terkenal

Rahasia Masak Sop Buntut Selezat Buatan Restoran Terkenal

Kuliner – Mungkin kita semua sudah tau, dari namanya saja sudah sop buntut, tentu makanan yang satu ini dihidangkan dengan kuah dan sangat tepat untuk dinikmati saat hujan sedang turun. Dengan dagingnya yang lembut dan lemak buntut sapi, pastinya bakal menarik perhatian orang-orang yang menyium aromanya.

Akan tetapi tak sedikit pula para ibu rumah tangga merasa kesulitan untuk membuat hidangan sop menjadi sangat lezat. Akibatnya mereka hanya lebih suka langsung membelinya di restoran-restoran karena memiliki citra rasa yang luar biasa. Bahkan setiap restoran dan juga rumah makan saling berlomba menyajikan sop buntut ternikmat demi menarik perhatian setiap pengunjung yang datang.

Perpaduan dengan gurihnya kuah kaldu benih dan beberapa campuran rempah asli Indonesia, di antaranya rasa pala yang sangat menonjol dan irisan bawang seledri menambah citra rasa sop buntut tersebut.

Nah terutama bagi anda yang suka mengonsumsi sop buntut dan ingin membuatnya sendiri dirumah, terdapat pula beberapa hal yang perlu diperhatikan dan pastinya tak boleh dilewati. Seperti yang diungkapkan oleh Jeremy selaku Head of Operational Chop Buntut. Cak Yo.

Chop Buntut Cak Yo sendiri merupakan salah satu restoran yang menyajikan menu khusus buntut. Restoran ini hadir dengan cita rasa dan resep turun-temurun yang diberikan langsung oleh pemiliknya, Cak Yo.

“Sop buntut di restoran atau di rumah ada penyajian tersendiri. Jika ada perubahan sedikit saja bisa membuat perbedaan pada rasa,” kata Jeremy saat ditemui di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Kamis, 6 Desember 2018.

Mengoseng alias menumis seluruh bumbu dan rempah-rempah yang menjadi ‘rahasia’ Jeremy dan tim dalam membuat semangkuk sop buntut.

“Semua dioseng (bumbu) terlebih dahulu sebelum diblender. Ini adalah salah satu cara mengeluarkan aroma dan juga minyak pada bumbu secara alami,” ucap Jeremy.

Jeremy juga menyarankan agar Anda membeli dan melihat langsung daging buntut yang akan dijadikan sop buntut. Ini dimaksudkan agar Anda bisa memilih daging buntut yang segar dan berkualitas, demi hidangan sop buntut yang sempurna.

“Potongan buntut harus yang terbaik, yang terbaik itu adalah di bagian tengah. Pada bagian buntut tengah terdapat rasio yang seimbang antara daging, lemak dan tulang. Pada bagian ini, daging buntut lebih mudah dikonsumsi dari bagian tulang pada bagian tengah,” ujar Jeremy menjelaskan.

“Cara pemotongan buntut juga berpengaruh. Jika salah, maka akan banyak serpihan tulang yang bisa membuat nyangkut ketika dimakan,” tambahnya.

Terakhir, untuk memasak buntut memerlukan waktu yang khusus agar mendapatkan daging yang lembut dan ‘pas’ saat digigit.

“Balik lagi ke pribadi masing-masing orang. Enggak semua orang suka makan daging buntut yang lembut sekali. Ada yang suka daging yang masih kenyal. Untuk urusan masak, ya tergantung selera. Yang harus diperhatikan benar adalah suhu api dan waktu memasak,” ucapnya.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)