Renyahnya Jangkrik Goreng Rasa BBQ

Renyahnya Jangkrik Goreng Rasa BBQ

Renyahnya Jangkrik Goreng Rasa BBQ

Kuliner – Pernah gak sih anda kepikiran untuk menikmati hewan serangga? Waah gimana ya itu rasanya? Emang serangga apa yang bisa dimakan ya? Jawabannya adalah Jangkrik. Bahkan makanan dari serangga tersebut telah memasuki negara Inggris. Rasanya pun juga terkenal lezat ditambah lagi bumbu BB1 yang gurih.

Dilaporkan The Sun (17/11), jaringan supermarket besar Sainsbury akan memasok Smoky BBQ Crunchy Roasted Crickets ke 250 gerainya di seluruh Inggris. Produk tersebut berisi jangkrik goreng dengan aroma smoky yang khas. Ada juga cecapan rasa BBQ yang enak.

Sainsbury juga menyatakan bawhwa jangkrik goreng juga memiliki tinggi protein yang pastinya baik untuk tubuh. “Bisa dimakan sebagai camilan langsung atau menjadi pelengkap hidangan seperti tacos, mie, atau salad,” tulis pihak supermarket mengenai produk seharga 1.5 pound sterling (Rp 28.000) ini.

Rachel Eyre selaku Head of Future Brands Sainsbury mengatakan, “Camilan serangga tak lagi dianggap sebagai candaan atau sesuatu tantangan, dan jelas bahwa banyak konsumen mulai tertarik mengeksplor sumber protein baru yang sifatnya berkelanjutan ini.” Rachel menambahkan, Sainsbury menjadi supermarket pertama di Inggris yang menjual jangkrik kemasan ini.

Soal nutrisi, jangkrik punya protein lebih tinggi dibanding daging sapi. British Nutrition Foundation menyebut 100 gram jangkrik mengandung 68 gram protein, sementara daging sapi hanya 31 gram saja.

Sementara itu, pendiri Eat Grub yang memproduksi jangkrik kemasan, Shami Radia mengatakan, “Saat ini serangga dikonsumsi dan dinikmati 2 miliar orang di seluruh dunia.” Ia melanjutkan, “Kami dalam misi untuk menunjukkan orang Barat bahwa selain konsumsi serangga berdampak baik bagi lingkungan, serangga juga benar-benar enak dan bisa jadi camilan atau bahan makanan yang bagus.”

“Serangga bisa menghasilkan jumlah protein yang sama untuk sebagian kecil tanah, air, dan pakan yang digunakan untuk memelihara ternak. Terlebih, serangga bisa melepaskan 80% lebih sedikit metana dibanding sapi,” pungkas Shami.

Adapun di negara-negara Asia, serangga sudah lebih umum dikonsumsi. Tiap negara punya olahan serangga enak yang banyak dikonsumsi warganya.

Korea Selatan, misalnya, punya beondegi yang merupakan pula ulat sutera rebus atau kukus. Sementara Jepang punya inago atau bayi belalang. Bayi serangga ini direbus bersama campuran kecap asin dan gula lalu dijadikan topping nasi hangat.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)