Sejarah Dan Asal Usul Dibalik Kelezatan Mie

Sejarah Dan Asal Usul Dibalik Kelezatan Mie

Sejarah Dan Asal Usul Dibalik Kelezatan Mie

Kuliner – Semua orang pastinya tau makanan yang diberi nama mie. Bahkan tak sedikit pula sebagaian dari kita yang menyukai masakan yang berbahan dasar mie. Membahas mengenai mie, apakan anda pernah bertanya-tanya bagaimana si pembuatan mie itu? Siapa sih orang yang pertama kalinya menemukan makanan miE? Dari mana ya asal mie?

Di lancir dari laman theatlantic.com, sejarah ataupun asal usim mie pembuatan mie sampau saat ini masih menjadi pembahasan publik dan selalu di perdebatkan masyarakat Indonesia ataupun luar negeri. Beberapa di antara mereka mengatakan jika mie untuk pertama kalinya dibuat dari daerah Mediterania. Namun ada pula yang menilai jika mie sebenarnya pertama kali dibuat di Timur Tengah. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa mie berasal dari negeara tirai bambu, China.

Akhirnya pada tahun 2005 silam, arkeolog berhasil menemukan asal usai dari mana asalnya mie. Mereka menyatakan jika mie berasal dari Dinasti Han Timur, sekitar abad 2 Masehi silam. Para arkeolog juga menemukan adanya mie tertua di negara China yang usianya sekitar 4.000 tahun.

Beberapa bukti sejarah yang didapat, menyebutkan jika China kuno merupakan bangsa yang pertama kalinya membuat atau menciptakan mie.

Bagi seluruh warga China, mereka menganggap mie sebagai salah satu makanan terpenting. Mie yang mereka buat pun sering disajikan pada upacar-upacara tertentu. Mereka juga menyebut mie sebagai simbol panjang umur, dan itulah salah satu alasan mengapa mie menjadi makanan wajib yang harus disediakan pada perayaan ulang tahun.

Para ahli pun mengatakan jika mie semakin berkembang di berbagai negara Asia, contohnya seperti Jepang, Korea dan negara-negara lainnya. Bukan hany di Asia, mie pun tesebar juga menuju benua Eropa yang dibawakan pedagang China zaman dulu. Di berbagi negara, mie pun terus dikembangkan dan dikreasikan.

Tentu anda tau, bahwa mie terbagu menjadi beberapa macam jenis yang bisa ditemui di berbagai wilayah Indonesia dengan citra rasa yang berbeda. Tak hanya cita rasanya yang berbeda, bentuk dan tekstur mie dari satu negara dengan negara lainnya juga tak sama.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)