Tak Cuman Ayam, Telur Unggas Ini Juga Bisa Dimakan Lo

Tak Cuman Ayam, Telur Unggas Ini Juga Bisa Dimakan Lo

Tak Cuman Ayam, Telur Unggas Ini Juga Bisa Dimakan Lo

Kuliner – Manusia pada umumnya hanya mengonsumsi telur yang berasal dari ayam dan juga bebek. Namun ternyata masih banyak juga loh telur hewan unggas lainnya yang bisa dikonsumsi.

Telur ayam memanglah dapat dikatakan sebagai bahan alami untuk pembuatan makanan seperti kue dan lain sebagai. Harganya juga terjangkau dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Tak cuman itu saja, telur ayam pun juga bisa dijadikan berbagai menu makan rumahan. Walaupun telur ayam paling umum digunakan pada kehidupan sehari-hari, ternyata ada lebih dari 9.000 jenis unggas yang dapat menghasilkan telur dan juga bisa dikonsumsi. Penasaran kan apa saja telur tersebut selain telur ayam, mari yuk kita cari tau sama-sama:

Emu

Emu, burung asli Australia yang terbesar menghasilkan telur berwarna hijau tua. Ukuran telur ini besar kira-kira 10 kali lipat dari 12 telur ayam betina kalau digabungkan. Baik kuning maupun putih telur emu cenderung tidak kental. Soal rasa, telur emu punya rasa yang kuat dibanding telurunggas lain yang bisa dimakan. Paling enak mengolah telur emu jadi omelet. Dalam tiap butir telur emu mengandung sekitar 132 kalori dan 72 gram protein.

Angsa

Pernah makan telur angsa? Telur unggas ini mengandung 267 kalori dan 20 gram protein per butirnya. Bentuknya khas seperti angka 0 dengan ukuran 3 kali lebih besar dari telur ayam biasa. Dibanding telur ayam, telur angsa lebih tinggi vitamin A, D, E dan B, zat besi, dan selenium. Beberapa orang yang pernah cicip telur angsa mengatakan rasanya mirip telur ayam hanya saja lebih kuat, seperti makan dua kuning telur ayam.

Camar

Telur burung camar jadi sajian enak kala musim semi di Inggris. Biasanya telur-telurini dikumpulkan pada 1 April hingga 15 Mei tiap tahunnya. Telur burung camar tersedia di 6 wilayah di Inggris dan hanya boleh diambil oleh pengumpul telur yang terlisensi. Ukuran telur burung camar lebih kecil dari telur ayam. Biasanya telur ini diolah dengan cara direbus hingga matang. Sebutir telurburung camar mengandung 138 kalori dan 11,7 gram protein.

Burung unta

Burung tertinggi di dunia ini menghasilkan telur terbesar di dunia pula. Besarnya 24 kali lipat dari telur ayam biasa. Cangkangnya sangat tebal dan sulit dipecahkan. Telurburung unta bisa diolah dengan cara direbus, hanya saja butuh waktu hingga 1,5 jam agar matang. Profil rasanya unik karena mirip telur ayam dengan cita rasa gurih khas mentega. Telur burung unta bisa mengandung 168 gram protein dan 2.000 kalori.

Burung pegar

Telur burung pegar umumnya berwarna cokelat, beige, dan hijau pucat. Ukuran telurunggas ini lebih kecil dari telur ayam namun lebih besar dari telur puyuh. Dibanding telurayam, kuning telur burung pegar lebih besar dengan warna kuning lebih gelap dan rasa lebih kuat. Nutrisinya mengandung 135 kalori dan 11 gram protein. Telur burung pegar paling enak diolah dengan cara direbus hingga matang dan dimakan dengan sedikit taburan garam.

Please follow and like us:
error
error

Enjoy this blog? Please spread the word :)