Tips Agar Nyaman Naik Bus Saat Traveling

Tips Agar Nyaman Naik Bus Saat Traveling

Tips Agar Nyaman Naik Bus Saat Traveling

Travel Word – Biasanya para traveler lebih sering memilih naik bus untuk pergi melakukan perjalanan. Namun tak sedikit pula penumpangnya merasa bosan dan tak nayaman didalam bus, nah untuk mengatatasi itu disini anda bisa mengatasinya dengan membaca ulasan dibawah.

Traveling menggnakan bus, sunggug menyenangkan. Walaupun perjalanan terasa lebigh lama ketimbang naik pesawat terbang, tentu ada juga beberapa keunggulan yang bisa dirasakan. Antara lain seperti menikmati pemandangan indah yang tersaji sepanjang perjalanan, juga melihat aneka objek wisata dari dekat.

Agar perjalanan didalam bus bisa menyenangkan dan nyaman, cobain deh tips yang telah dirangkum dibawah ini ya.

Memilih bus sesuai selera

Jika jadwal perjalanan sudah ditetapkan, saatnya mencari tiket bus. Pilihlah bus yang pelayanan maupun interiornya sesuai dengan keinginan traveler, yang dirasa bakalan bikin betah selama perjalanan. Dan tentunya juga disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Misalnya saja soal bus AC maupun tidak AC. Selera traveler tentu berbeda-beda, ada yang suka naik bus AC agar tidak kegerahan, tapi ada pula yang lebih suka naik bus non AC dan membuka jendela.

Begitu pula dengan susunan tempat duduknya. Terdapat bus dengan susunan kursi 2-2, ada pula yang sisi kanan 3 kursi dan sisi sebelahnya 2 kursi, dan lain sebagainya. Untuk toilet bus pun begitu. Kalau perjalanan panjang sebaiknya pilih bus yang menyediakan toilet.

Cari informasi lengkap

Sebelum membeli tiket bus, cari tahu dulu rincian perjalanan. Mulai dari naiknya dari mana, turunnya di mana, hingga selama perjalanan berapa kali bus akan mampir ke pemberhentian seperti restoran.

Tanyakan juga apakah bus bisa berhenti di titik tertentu sebelum sampai di terminal. Tak jarang traveler meminta untuk turun di spot tertentu sebelum tiba di terminal terakhir, karena lebih memudahkan untuk dijemput atau pun lebih dekat dengan tujuan utamanya.

Memilih tempat duduk

Pemilihan tempat duduk juga penting untuk menunjang kenyamanan. Biar lebih nyenyak dan enak tidur, kursi di dekat jendela bisa jadi andalan. Kursi di pojok dekat jendela ini umumnya memberi ruang yang lebih leluasa buat tidur.

Traveler pun bisa menyandarkan ke kepala ke jendela. Namun memang agak ribet jika ingin keluar ke toilet misalnya, karena harus melewati penumpang di kursi sebelah.

Selain itu, jika masih banyak kursi kosong, pilihlah tempat duduk yang agak jauh dari pintu bus dan toilet agar bisa lebih tenang karena terhindar dari banyaknya orang ke luar masuk. Banyak pula yang menyarankan untuk tidak duduk di kursi yang posisinya tepat di atas roda karena kurang nyaman.

Bawa bantal leher

Biar tidur lebih nyaman, siapkan bantal leher. Ini juga untuk persiapan kalau traveler naik bus yang tidak menyediakan bantal. Bawa pula kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Letakkan tas besar atau koper di bagasi

Bus antar kota maupun antar provinsi biasanya punya bagasi khusus buat tas penumpang. Buat yang bawa koper atau tas berukuran besar, taruh saja di bagasi bus karena biasanya bagai kabin bus tidak terlalu besar. Cukup tas kecil saja yang dibawa masuk ke dalam bus dan diletakkan di area bagasi di sisi atas kabin.

Tas atau barang bawaan lainnya juga bisa diletakkan di bawah kursi, sekaligus untuk sandaran kaki jika naik bus yang tidak menyediakannya.

Persiapkan gadget

Nah, kalau rasa kantuk tak kunjung tiba dan masih ingin menikmati pemandangan indah yang tersaji di perjalanan, asyiknya sambil mendengarkan musik. Bawalah pemutar musik, atau kalau ingin mendengarkan musik dari ponsel saja, jangan lupa download dulu aplikasi streaming musik dan sedia powerbank. Jaga-jaga kalau baterai cepat habis.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)