Tips Aman Snorkeling Untuk Para Pemula

Tips Aman Snorkeling Untuk Para Pemula

Tips Aman Snorkeling Untuk Para Pemula

Travel World – Pergi liburan menuju pantai, snorkeling merupakan kegiatan yang paling digemari. Namun masih banyak pula para traveling tak mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan saat menikmati keindahan bawa laut itu. Bahkan bai para pemula, sebagian besar dari mereka merasa takut, apalagi mereka tak pandai berenang. Pastinya sayangkan melewati kesempatan berharga itu dalam melihat indah bawah laut.

Oleh karena itu, disini kami bakal memberiakn beberapa tips snorkeling yang pastinya aman bagi para pemula. Simak baik-baik ya ulasan yang ada dibawah ini.

Santai dan tidak panik

Jika kita benar-benar ingin menyaksikan keindahan pemandangan dasar laut, sebaiknya kendalikan emosi untuk tidak panik, terutama ketika tubuh mulai masuk ke air. Sebab, ketika panik tubuh justru akan kaku. Pastinya hal ini justru akan membahayakan kita.

Belajar di kolam renang

Alangkah baiknya, sebelum snorkeling di laut kita belajar snorkeling di kolam renang terlebih dahulu. Supaya badan kita bisa membiasakan diri untuk relaks. Sambil latihan di kolam renang, kita juga bisa belajar menggunakan alat snorkeling. Hal ini bertujuan supaya kita bisa latihan teknik pernafasan, menggunakan alat snorkeling.

Ditemani pendamping yang berpengalaman

Bagi pemula yang baru pertama kali mencoba snorkeling di lautan dan belum pandai berenang, wajib ditemani pemandu yang lebih profesional untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Wajib menggunakan pelampung

Bagi para pemula yang tak bisa berenang, pelampung adalah alat yang benar-benar penting. Pelampung yang digunakan harus pas sesuai dengan ukuran badan kita. Jangan sampai kelonggaran, karena akan berisiko terlepas ketika kita sedang snorkeling, pastikan semuanya terpasang dengan benar.

Perhatikan keaadaan sekitar

Meski keindahan bawah laut membuat kita terlena, namun sebaiknya kita tetap harus selalu waspada dan perhatikan kondisi sekitar. Lihat arus gelombang laut untuk mengindari arus yang kencang. Tetap ikuti instruksi pemandu dan jangan sampai merusak karang akibat berpegangan terlalu kuat. Salah satu biota laut yang harus kita hindari, bulu babi, karena kalau tersengat bisa membuat luka yang lumayan parah.

Meskipun snorkeling terlihat sangat mudah untuk dilakukan, namun banyak orang mengatakan prakteknya cukup sulit dilaksanakan. Terlebih bagi anda yang baru pertama kali mencobanya. Meski begitu, saat snorkeling kita tetap wajib menjaga kelestarian alam bawah laut, dengan menjaga kelestarian terumbu karang dan biota laut lainnya. Paling penting lagi, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan mengambil apapun yang ada di bawah laut, termasuk bintang laut atau terumbu karang.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)