Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers

Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers

Tips Merawat Rambut Bagi Hijabers

All About Female – Indonesia merupakan negara yang mayoritasnya beragama muslim. Maka tak heran jika banyak para wanita yang menutupi auratnya dengan cara berhijab. Hijab pun merupakan salah satu ajaran dari agama Islam. Kini banyak juga yang menggunakan hijab sebagai bagian dari gaya hidup.

Namun sangkin seringnya menggunakan hijab mengakibatkan timbulnya ketombe, rambut kusut, rambut rontoh dan bau. Nah, sekarang ini bagi anda yang sering menggunakan hijab tak perlu lagi untuk menakuti hal itu. Disini anda dapat mengetahui beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi permasalahan rambut karena menggunakan hijab.

Pilih Bahan Hijab Yang Nyaman

Jangan hanya memilih hijab karena warna atau motif yang sedang tren saja, tapi perhatikan jenis kain yang memungkinkan sirkulasi udara agar rambut tetap bisa bernafas. Hijab berbahan katun atau chiffon misalnya dapat menyerap keringat dan menjaga rambut tetap sehat, walau sering tertutup. Jika lebih menyukai kain sintetis seperti nylon atau polyester, gunakan inner berbahan kaus atau spandex yang mencegah kulit kepala terasa gerah dan mengurangi gesekan antara rambut dan bahan kain.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Memiliki rambut panjang terkadang menyulitkan hijabers saat memasang kerudung. Agar tetap rapi, kebanyakan memilih untuk mengikat rambutnya, terutama di tengah hawa udara yang cukup panas. Sayangnya, melakukannya terlalu kencang dapat memicu kerontokan dan kerusakan rambut lainnya seperti kering atau bercabang. Coba untuk melonggarkan ikatan rambut, atau pilih jalan praktis yaitu dengan memangkas rambut lebih pendek.

Keringkan Rambut Sebelum Berhijab

Saking terburu-buru, tidak sedikit yang nekat menggunakan hijab walau kondisi rambut masih basah. Kebiasaan ini membuat rambut rentan mengalami kerusakan, mulai dari munculnya ketombe, gatal-gatal, rontok, hingga bau apek. Sebaiknya keringkan rambut secara alami dan baru memakai hijab saat rambut sudah dipastikan benar-benar kering.

Pilih Produk YangTepat

Berkembangnya tren hijab mendorong banyaknya produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk menjaga kesehatan rambut yang tertutup. Rambut berhijab cenderung mudah lembap dan berminyak sehingga butuh formula yang tepat untuk menjaga rambut tetap sehat.

Manjakan Rambut Dengan Hair Mask Saat Weekend

Weekend tiba, bukan tubuhmu saja yang butuh relaksasi. Rambut juga perlu dimanjakan dengan treatment khusus untuk meningkatkan kesehatannya. Nggak perlu ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah kok dengan bahan-bahan alami yang dapat menutrisi rambut berhijab. Jika ketombe dan gatal jadi masalah yang mengganggu, cobalah kombinasi masker alpukat dan madu.

Alpukat memiliki kandungan Omega 3 yang baik untuk meningkatkan kesehatan sel kulit kepala, sementara madu mengandung zat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan ketombe dan mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Lakukan secara rutin setiap akhir pekan untuk menjaga kesehatan rambut di balik hijabmu.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)