Wisely Kirim Surat Setelah Lulus Tes SIM, Isinya Langsung Jadi Viral

Wisely Kirim Surat Setelah Lulus Tes SIM, Isinya Langsung Jadi Viral

Wisely Kirim Surat Setelah Lulus Tes SIM, Isinya Langsung Jadi Viral

Berita Viral – Pria berusia 18 tahun, Wisely Michello Putra Sut kirimkan surat kepada jajaran Satlantas Polres Gresik. Wisely yang tinggal di Balikpapan I NO, 51 KKB (Gresik Kota Baru) telah dinyatakan lulus mengkuti tes dan mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi) C jadi perbincangan.

Lantaran isi dalam surat yang ia berikan bukanlah sebuah protesan, namun ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian yang mau melatihnya sehingga ia bisa lulus dan mendapatkan SIM C.

“Saya terharu dengan apa yang sudah dilakukan oleh Wisely, bahwa semua itu memang butuh proses tidak bisa langsung jadi. Wisely patut menjadi contoh,” ujar Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo, Kamis (15/11/2018).

Wisely sebenarnya terus belajar dan berlatih demi mendapatkan SIM C sesuai dengan harapannya. Bahkan setiap sore selama hampir sepekan ia berada di halaman kantor Satlantas Polres Gersik, dibawah ajaran Aiptu Jailani. Setelah dinyatakan lulus mengkuti tes bersama dengan lima orang lainya, Wisely mengaku bahwa ia sangat gembira.

“Setiap sore kami memang ada sesi berlatih bagi pemohon yang berkenan secara gratis, dengan langsung di bawah arahan Aiptu Jailani, dari mulai pukul 15.30 WIB hingga 17.00 WIB. Ini langkah dari Satlantas, supaya mereka yang ingin lulus ya harus berusaha, jangan pilih gampangnya,” ucap dia.

Ia juga menyampaikan, sebenarnya pihak kepolisian tak mau mempersulit Wisely untuk mendapartkan SIM C. Akan tetapi demi mengindari hal-hal yang tak di inginkan, pihak kepolisian tetap menjalankan seluruh aturan yang telah diberitahukan.

“Kami juga gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah, supaya siswa mau memanfaatkan fasilitas yang sudah kami sediakan. Sebab kami juga tidak menginginkan, banyaknya angka kecelakaan lantaran pemohon tidak menguasai dasar-dasar mengemudikan kendaraan. Makanya diadakan tes, dan kami memiliki standar yang harus dipenuhi oleh pemohon bila ingin lulus, dengan itu bisa didapat dengan cara berlatih,” kata dia.

Pihak kepolisian juga mengakui banyak yang menginginkan jika para pemohon SIM ingin di luluskan secepat mungkin. Namun mereka tak bisa mengabulkannya, karena masih belum mampu menguasai dasar-dasar yang sudah ditentukan.

“Kami tidak munafik, ada juga pemohon yang ingin jalan pintas dengan menyodorkan sejumlah uang agar bisa lulus, tapi dengan tegas kami tolak. Kalau nggak percaya, silahkan ditanyakan kepada Aiptu Jailani yang biasa melatih dan menguji tes,” terangnya.

Aiptu Jailani yang menjabat Baur SIM Satlantas Polres Gresik, yang sebelumnya mendapat surat ungkapan terima kasih dari Wisely menyatakan, kejadian tersebut juga sempat dialami olehnya pada saat menjalankan tugas.

“Pernah ada. Waktu itu ada pemohon yang ingin diluluskan dalam ujian, ia kemudian menyelipkan sejumlah uang dalam formulir. Tapi tidak saya terima, bahkan saya kemudian laporkan kepada Propam yang saat itu bertugas, kemudian pemohon itu diberi pengarahan oleh Propam,” kenang Jailani.

Sama seperti Darwoyo, Jailani juga berharap, masyarakat dapat sadar dengan apa yang dilakukannya. Yakni, dengan cara berlatih untuk bisa benar-benar menguasai kendaraan yang dikemudikan sehingga dinyatakan lulus pada saat tes.

“Asal bisa menguasai pasti kami luluskan, kalau memang belum bisa ya nggak, makanya belajar dan berlatih dulu. Sebab ini menyangkut nyawa, dengan kecelakaan bisa diminimalisir salah satunya ya dengan kelulusan tes yang memang benar-benar sesuai kemampuan,” pungkasnya.

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)